KSU Derami Padang Siapkan Unit Usaha Baru

Editor: Koko Triarko

Manajer Modal Kita KSU Derami Padang, Margono Okta, yang ditemui sebelum Covid-19/Foto: M Noli Hendra  

PADANG – Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang, Sumatra Barat, tengah mempersiapkan peluncuran unit usaha baru sebagai upaya meningkatkan keuntungan, meski tengah dilanda Covid-19.

Manajer Modal Kita di KSU Derami Padang, Margono Okta, mengatakan, unit usaha baru itu adalah usaha percetakan. Direncanakan, usaha itu akan dijalankan terhitung mulai 1 Januari 2021 mendatang, dan lokasi usaha memanfaatkan ruang aula yang ada di Kantor KSU Derami di Jalan Marapalam Padang.

“Kita telah mempersiapkan konsepnya, dan pekerjanya pun telah ada. Jadi, sekarang itu tengah melengkapi sejumlah peralatan,” kata Meno, ketika dihubungi Cendana News di Padang, Senin (26/10/2020).

Ada pun dana yang dibutuhkan untuk menjalankan unit usaha percetakan itu jika dihitung mencapai Rp1 miliar. Dana dan konsep usaha juga telah diajukan ke Yayasan Damandiri sebagai penyokong operasional di KSU Derami Padang.

Di dalam usaha percetakan itu, bisa melayani pesanan, seperti cetak spanduk, baliho, kartu undangan, dan berbagai jenis percetakan lainya. Memang, diakui Meno, di satu sisi modal untuk menjalani usaha percetakan sangat besar, tapi nantinya jika berjalan, usaha percetakan akan dapat memberikan keuntungan yang bagus.

Soal dana yang begitu besar, karena untuk membeli mesin percetakan itu bisa menghabiskan modal Rp300 juta lebih. Belum lagi biaya lainnya yang dibutuhkan, sehingga dalam hitungan awal perlu Rp1 miliar, untuk memiliki sebuah usaha percetakan tersebut.

“Di Padang ini usaha percetakan memang salah satu usaha yang cukup sukses. Karena pangsa pasar banyak dan bisa bersaing dengan jenis usaha yang serupa lainnya,” ujarnya.

Tetapi, bonus yang bisa diperoleh oleh KSU Derami adalah memiliki pasar yang bagus. Seperti menjadikan anggota koperasi serta UMKM yang terlibat menikmati pinjaman modal usaha, bisa menjadi orang-orang yang menjadi pelanggan usaha percetakan nantinya.

Setidaknya, kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing Posdaya atau kelompok Modal Kita yang membutuhkan spanduk maupun mencetak undangan pernikahan, bisa dilakukan di unit usaha KSU Derami Padang.

Minimal, pelaku UMKM yang tergabung di KSU Derami dapat menjadi pelanggan sekaligus marketing untuk usaha percetakan tersebut. Untuk itu, diperkirakan bila nanti usaha percetakan itu jalan, akan memberikan dampak positif bagi KSU Derami Padang.

“Alasan KSU Derami memilih untuk menjalankan usaha percetakan itu, karena ekonomi saat ini yang terbilang menjanjikan tersebut salah satunya percetakan. Makanya, kita sepakat membuka unit usaha baru tersebut,” jelasnya.

Untuk itu, sembari mempersiapkan segala peralatan supaya bisa memiliki usaha percetakan yang siap melayani segala permintaan, ditargetkan persiapan itu rampung di awal tahun 2021. Seiring dengan itu KSU Derami juga bakal mempromosikan keberadaan usaha barunya itu.

Ketua KSU Derami, Gusti Ayu Ratniati, juga mengatakan sebelum disepakati untuk menjalankan usaha percetakan itu, jajaran pengurus koperasi juga telah mengkaji soal peluang dan kemungkinan terburuknya.

“Nantinya, unit usaha itu secara manajemen berada di bawah Manajer, Pak Meno. Kita berharap, langkah ini dapat memberikan dampak yang bagus bagi sisi keuangan KSU Derami,” jelasnya.

Diakuinya, selama berjalannya KSU Derami Padang memang belum ada unit usaha yang dibangun. Persoalannya, secara finansial belum mendukung, dan tahun ini melalui Manajer Modal Kita yang baru, ternyata memiliki solusi dari kendala yang dihadapi selama ini.

“Kita tentunya mendukung adanya rencana yang besar ini. Sekarang kita tunggu tanggapan dari Yayasan Damandiri. Sejauh ini dari konsep yang kita ajukan, pihak yayasan menyambut baik,” ungkap Ayu.

Lihat juga...