Lamandau Kalteng Luncurkan Program Mina Padi

Peluncuran Program Mina Padi di Lamandau, Rabu (14/10/2020) – Foto Ant

NANGA BULIK – Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah (Kalteng), meluncurkan Program Mina Padi. Program yang merupakan kombinasi antara budi daya padi dan ikan, di dalam satu lahan sawah.

“Program yang kami laksanakan melalui Dinas Pertanian dan Perikanan ini, sebagai upaya meningkatkan produktivitas lahan,” kata Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, di Nanga Bulik, Kamis (15/10/2020).

Program yang secara resmi diluncurkan pada Rabu (14/10/2020) sore itu, diharapkan memberikan manfaat maupun hasil lebih banyak, bagi masyarakat petani. Dinas bersama petani, diharapkan bisa mengoptimalkan pengembangan program tersebut, sehingga pemanfaatannya bisa dilakukan dengan baik, dan pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

Menurut Riko, pemkab selalu mendukung pengembangan program maupun kegiatan, yang memiliki nilai manfaat bagi masyarakat. Dan Mina Padi disebutnya, salah satu solusi untuk mengungkit kesejahteraan petani. “Seperti halnya mina padi ini, menjadi salah satu inovasi atau cara bagi petani dalam meningkatkan kesejahteraannya,” kata dia.

Dinas Pertanian dan Perikanan diminta bisa mengembangkan program tersebut dengan baik, serta memetakan masing-masing wilayah agar pengembangan program tersebut bisa dilakukan di berbagai wilayah Lamandau. “Kami minta agar organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya terus berinovasi dalam pelayanan maupun upaya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daerah pada berbagai sektor,” tandas Riko Porwanto. (Ant)

Lihat juga...