Lanal Maumere Evakuasi 28 Penumpang KMP Pemana Raya

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan evakuasi penumpang kapal KMP. Pemana Raya yang mengalami kejadian kerusakan mesin di perairan laut Flores antara Pulau Pemana dan Pulau Flores di wilayah perairan Kabupaten Sikka.

Kapal tersebut mengangkut 28 penumpang dan sedang berlayar menuju Pelabuhan Laurens Say Maumere dan pada Rabu (21/10/2020) sekitar pukul 09.45 Wita mengalami kejadian nahas saat berada di tengah laut.

“Kapal mengalami kerusakan mesin sehingga mesinnya mati. Kapal pun tidak bisa berlayar dan berada sejauh 2,5 mil laut dari Pelabuhan Pulau Pemana,” sebut Danlanal Maumere, Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto melalui Kepala Bagian Penerangan, Letda (K) Dennyas Sukarna saat ditemui Cendana News di kantornya, Kamis (22/10/2020).

Dennys mengatakan, kapal dengan berat 43 GT bernomor 295 ini  yang dikemudikan oleh  Bahli tersebut rupanya mengalami kerusakan mesin yang mengakibatkan mesin mati sehingga tidak dapat melanjutkan pelayaran.

Letda (K) Dennys Sukarna saat ditemui di kantornya, Kamis (22/10/2020). -Foto: Ebed de Rosary

Disebutkannya, pada pukul 09.10 WITA, Babinpotmar Pemana, Sertu Kom Denni Arganata dihubungi oleh kapten kapal sehingga dirinya langsung menuju ke KMP. Pemana Raya dengan menggunakan  perahu nelayan.

“Babinpotmar juga  sekaligus menghubungi Dankal Balibo II-7-1 atas nama Lettu Laut (P) Malik Setia Budi, untuk meminta pertolongan evakuasi KMP. Pemana Raya, “ terangnya.

Dennys menambahkan, kebetulan posisi KAL Balibo II-7-1 sedang melaksanakan Opperasi Kamlatas di perairan Maumere dan sekitarnya sehingga langsung bergerak menuju ke lokasi kejadian dan melakukan evakuasi.

Ia menyebutkan, KMP. Pemana Raya diantarkan oleh KAL Balibo II-7-11 menuju Pelabuhan Laurent Say Maumere untuk dilaksanakan proses debarkasi, sedangkan dan selanjutnya kapal penumpang tersebut dibawa kembali menuju Pelabuhan Pulau Pemana untuk melaksanakan perbaikan mesin.

“Proses evakuasi penumpang KMP. Pemana Raya yang mengalami kerusakan mesin berlangsung aman dan lancar. Seluruh anak buah kapal dan penumpang dalam keadaan selamat,” terangnya.

Kapten Kapal KMP.Pemana Raya Bahli, mengaku sangat berterima kasih karena berkat kesigapan dari personil TNI AL Lanal Maumere membuat kapalnya bisa dievakuasi ke Pelabuhan Laurens Say Maumere dan sehingga semua penumpang dan anak buah kapal bisa tiba di Maumere dengan selamat.

Menurut Bahli, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Babinpotmar  Pemana sehingga bila mengalami kejadian saat berlayar maka pihaknya akan menghubunginya agar bisa mendapatkan pertolongan dan kapal pun bisa ditarik ke pelabuhan.

“Berkat kerja sama yang terjalin dengan Lanal Maumere, kami para pemilik kapal bisa mendapatkan pertolongan dan penyelamatan bila mengalami kejadian di tengah laut saat berlayar dari Pulau Pemana menuju Pelabuhan Laurens Say Maumere atau sebaliknya,” ungkapnya.

Lihat juga...