Lebak Siapkan Tempat Isolasi OTG COVID-19

Warga menjalani swab test di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta, Sabtu (3/10/2020) – Foto Ant

LEBAK – Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten mempersiapkan tempat untuk isolasi bagi Orang Tanpa Gejala (OTG), yang positif COVID-19. Tempat isolasi itu sesuai standar Kementerian Kesehatan.

“Tempat isolasi OTG itu lokasinya di Jalan Sunan Kalijaga Rangkasbitung dan mampu menampung sebanyak 40 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Triatno Supiono, Kamis (15/10/2020).

Pemerintah daerah setempat sebelumnya mengatakan, pasien COVID-19 yang berstatus OTG, akan menjalani isolasi mandiri di rumah kediamanya. Namun, Kementerian Kesehatan mewajibkan setiap daerah memiliki tempat isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Triatno Supiono – Foto Ant

Penempatan isolasi khusus bagi pasien Corona OTG tersebut dilakukan, agar tidak menularkan kepada anggota keluarga, maupun warga jika dilakukan isolasi mandiri ditempat kediamanya. Karena itu, pemerintah daerah memanfaatkan gedung klinik, untuk dijadikan tempat isolasi COVID-19 OTG. “Kami menargetkan pekan depan sudah bisa ditempati pasien COVID-19 OTG dan mereka tidak ditempat kediamanya,” jelasnya.

Warga yang menjalani isolasi tersebut dipastikan mendapat pelayanan kesehatan dengan melibatkan sebanyak 20 tenaga medis. Selain itu juga mereka diwajibkan budaya 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) serta tidak berkerumun. Mereka para pasien COVID-19 OTG itu harus memiliki kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat, dan bersih serta rajin berolahraga. Pemerintah daerah juga mendapatkan bantuan mobil PCR dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB) guna memudahkan petugas melakukan Screening. “Kami berharap gedung isolasi dan mobil PCR dapat mengendalikan pandemi COVID-19,” jelasnya.

Berdasarkan data COVID-19 di Kabupaten Lebak, sampai Rabu (14/10), tercatat sudah sebanyak 238 orang dinyatakan positif. Sebanyak 104 orang dinyatakan sembuh, 127 orang menjalani isolasi dan dirawat di RSUD Banten serta tujuh orang dilaporkan meninggal dunia. (Ant)

Lihat juga...