Liga 1 Dimulai 1 November 2020, Persija Jakarta Siap Bermain

Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, menggiring bola dalam laga internal skuat berjuluk Macan Kemayoran di Lapangan PS AU TNI Angkatan Udara, Selasa (13/10/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Klub Persija Jakarta, menyatakan kesiapannya jika Liga 1 Indonesia musim 2020 dilanjutkan lagi mulai 1 November mendatang. Hal tersebut sesuai kesepakatan klub-klub peserta, dalam rapat dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Yogyakarta, Selasa (13/10/2020).

“Dengan adanya kesepakatan bahwa 1 November liga kembali dimulai, seluruh komponen di Persija menyatakan siap berlaga dan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik,” ujar Presiden klub Persija, Mohamad Prapanca, Rabu (14/10/2020).

Menurut Prapanca, timnya sama sekali tidak mengendurkan persiapan, meski PSSI menunda Liga 1 musim 2020 lantaran tidak keluarnya izin dari pihak kepolisian. Izin tidak keluar dengan alasan masih tingginya kasus COVID-19.

Macan Kemayoran tetap berlatih bersama, dan memanfaatkan waktu penangguhan liga untuk memperbaiki kekurangan. “Persija sejatinya terus melakukan persiapan dan tidak mengurangi tensi latihan sedikit pun. Diundurnya liga membuat tim pelatih memutuskan untuk melakukan variasi program latihan, agar ritme dan kondisi pemain tetap dalam form terbaik secara teknis maupun psikologis. Hal ini sebagai bentuk komitmen seluruh pemain dan ofisial untuk menghadapi kompetisi 2020,” kata Prapanca.

Meski demikian PSSI menegaskan, kompetisi sepak bola nasional baik itu Liga 1 maupun Liga 2 belum pasti digelar pada November, meski semua klub menyepakati demikian. Semuanya bergantung pada keputusan pemerintah, dalam hal ini Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

PSSI telah menyiapkan tiga rencana jadwal dimulainya kompetisi. Andai izin tidak keluar pada November, maka liga diupayakan berlangsung mulai 1 Desember. Jika masih tidak diperkenankan, karena Desember 2020 bertepatan dengan pemilihan kepala daerah serentak, maka liga diproyeksikan bergulir mulai 1 Januari 2021.

Akan tetapi, kalau bergeser ke sampai Januari 2021, format liga kemungkinan berubah, karena PSSI dan LIB tidak mau ada pertandingan sepak bola pada bulan puasa yang jatuh pada April 2021. Selain itu, Indonesia juga bersiap menuju Piala Dunia U-20 yang pertandingan awal akan dimulai pada 20 Mei 2021. PSSI berpotensi mengganti metode kompetisi dengan format dua wilayah karena keterbatasan waktu. (Ant)

Lihat juga...