Masa Pandemi Warga Pekanbaru Minati Wisata Berkuda

PEKANBARU  – Manajemen wisata berkuda atau Horse Power Tambusai, Kota Pekanbaru menawarkan sensasi berkuda di tengah pandemi COVID-19 yakni sarana rekreasi menunggang kuda sedangkan lokasinya berada di tengah kota itu.

“Lokasi wisata berkuda sangat mudah dijangkau karena berada disamping Mall SKA, atau berlokasi di Jl. Tuanku Tambusai , Jl Soekarno-Hatta, Kelurahan Labuh Baru, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, atau dengan jarak tempuh 14 menit dari kantor Gubernur Riau,” kata Eric, Manajer wisata berkuda atau Horse Power Tambusai, di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, pandemi COVID-19 tidak menyurutkan minat masyarakat untuk berwisata karena kebutuhan masyarakat terhadap sarana rekreasi yang menerapkan protokol kesehatan masih diinginkan kendati dilakukan di alam terbuka.

Ia mengatakan, wisata di alam terbuka, adalah pilihan tepat apalagi pada masa pandemi COVID-19 ini tentu mengakibatkan pengunjung ragu berwisata di ruang tertutup, sehingga manajemen wisata harus membuat strategi dan kiat khusus agar wisatawan makin banyak berkunjung.

“Pengunjung makin meminati untuk menguji adrenalinnya, karena selain berkuda di Horse Power Tambusai, kami juga menyediakan lima arena memanah sambil berkuda yang menguji konsentrasi penunggang kuda,” katanya.

Wisata Horse Power Tambusai ini, kata Eric lagi, ditawarkan untuk mengajak warga Kota Pekanbaru gemar berkuda sembari menikmati wisata sekaligus sebagai arena belajar berkuda dan memanah.

Ia juga mengatakan kuda merupakan salah satu alat transportasi mewah yang digunakan manusia pada abad keenam Masehi, dan 15 abad yang lalu.

Rasulullah pernah bersabda, “Segala sesuatu yang tidak berkaitan dengan zikir dan menyebut nama-Nya maka itu adalah senda gurau semata, kecuali empat perkara yakni memanah, latihan menunggang kuda, bermain dengan keluarga, dan belajar berenang”.

“Awal wisata ini dibuka karena berkuda dan memanah adalah sunah Nabi yang banyak kebaikan jadi dengan adanya tempat wisata Horse Power Tambusai ini bisa mengajak yang lain untuk dapat kebaikan yang sama pula,” katanya.

Sementara itu, tiket masuk ke objek wisata Horse Power Tambusai Pekanbaru ini hanya dikenakan Rp35.000 per orang dan sudah bisa menunggang kuda dengan mengelilingi lapangan Horse Power Tambusai, yang didampingi seorang pelatih profesional.

Bagi pelatih dan pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan, mencuci tangan dengan hand sanitizer, menjaga jarak fisik aman, memakai masker dan lainnya. (Ant)

Lihat juga...