Menanti Kabar Operasional Gedung Bioskop di Semarang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Sebanyak lima dari tujuh bioskop yang mengajukan izin untuk beroperasi kembali, mendapat rekomendasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang.

“Sudah ada lima gedung bioskop, yang kita berikan izin atau rekomendasi untuk beroperasi kembali, namun demikian, mereka masih harus menunggu izin dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, agar bisa sepenuhnya beroperasi,” papar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari saat dihubungi di Semarang, Jumat (30/10/2020).

Dipaparkan, lima gedung bioskop tersebut yakni XXI The Premiere DP Mall, XXI Paragon Mall, Citra XXI, Transmart XXI, dan Central XXI. Sementara, dua lainnya masih dalam proses.

“Dalam pemberian izin ini, juga berdasarkan simulasi yang sudah dilakukan sebelumnya. Kita lihat bagaimana kesiapan petugas, penataan tempat duduk, hingga sirkulasi udara di dalam gedung bioskop, untuk tetap terjaga dalam upaya mencegah terjadinya penularan covid-19. Kalau belum siap, ya kita belum izinkan,” tambahnya.

Sejauh ini, yang menjadi perhatian berupa sirkulasi udara. Diharuskan udara di dalam gedung bioskop bisa berputar keluar, dan masuk lagi udara baru.

“Jadi sirkulasinya harus bagus, udara mengalir, tidak hanya berputar di dalam gedung. Sejauh ini, sudah kita cek langsung di dalam gedung. Sudah ada exhaust yang dilengkapi filter sehingga tetap terjaga,” ujarnya.

Iin, panggilan akrabnya, menambahkan selain rekomendasi dari Dinas Kesehatan, juga diperlukan izin keramaian dari kepolisian. “Tiga persyaratan izin ini harus dipenuhi pengelola bioskop, agar bisa buka kembali,” terangnya.

Pihaknya juga akan melakukan pengawasan SOP protokol kesehatan secara berkala, apabila bioskop telah dibuka kembali. Jika melanggar, sanksi berupa teguran lisan, teguran tertulis, bahkan penutupan operasional.

“Sanksi sesuai perwal yaitu teguran lisan dan tertulis. Bisa sampai penutupan usaha. Apalagi kalau ternyata ada klaster Covid-19, harus ditutup,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam, menuturkan, saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan rekomendasi.

“Intinya kita mendukung, namun harus ada persyaratan yang dipenuhi. Penonton tetap mematuhi protokol kesehatan saat berada di bioskop. Tetap memakai masker, termasuk saat pemutaran film. Selain itu, penonton juga tidak berpindah tempat duduk selama menonton film di dalam bioskop. Pengelola harus bisa melakukan pengawasan,dalam penerapan prokes tersebut,” tambahnya.

Sementara, salah seorang warga Semarang, Heri, mengaku berharap gedung bioskop di Kota Semarang bisa beroperasi kembali.

Warga Semarang, Heri, mengaku berharap gedung bioskop di Kota Semarang bisa beroperasi kembali sebagai hiburan di tengah pandemi covid-19, saat ditemui di Semarang, Jumat (30/10/2020). Foto: Arixc Ardana

“Ya bisa sebagai sarana hiburan, terlebih pada saat pandemi covid-19 ini. Harapannya kalau kita senang, imun tubuh juga bisa meningkat. Namun di sisi lain, juga penerapan prokes bisa dilakukan dan diawasi dengan benar, sehingga tidak memunculkan klaster baru,” pungkasnya.

Lihat juga...