Menikmati Suasana Alam yang Asri di Pangian Tanah Datar

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

TANAH DATAR – Objek wisata alam Ngalau Pangian, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, akhir-akhir ini menjadi populer bagi kalangan masyarakat di Minangkabau.

Ada alasan tertentu kenapa Ngalau Pangian begitu banyak dinikmati untuk berwisata. Karena tempat itu memiliki keindahan alam yang begitu nyaman untuk rekreasi bersama keluarga atau teman.

Objek wisata yang berada di destinasi tersebut berada di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Tanah Datar, dikenal  berupa goa yang membentang di dalam perbukitan bukit barisan sepanjang lebih kurang satu kilometer, dialiri aliran sungai sejak dari hulu hingga ke hilir.

Seperti yang dikatakan oleh Etna Wati, pengunjung objek wisata tersebut, bahwa sangat senang saat menikmati alam yang  masih asri di objek wisata Ngalau. Setidaknya hiburan dapat, hati pun senang dengan suasana alam di sana.

“Saya tahu tempat wisata ini dari media sosial. Karena sangat booming dan ramai dikunjungi. Ternyata tempat ini sangat bagus,” katanya, Minggu (11/10/2020).

Ia menyebutkan, ada banyak hal yang bisa dilakukan saat berada di objek wisata Ngalau Pangian tersebut.

Dimana setiap pengunjung bisa menikmati keindahan alam dengan berbagai spot selfie, yang saat ini sudah tersedia berupa bangunan pondok yang berdiri tepat di sebelah batang air.

“Jadi tempat wisata ini sangat cocok untuk keluarga dan membawa anak-anak. Karena spot wisata ini cukup mudah bagi orang tua untuk memantau anak-anak mandi di dalam sungai sembari bersantai di pondok-pondok yang ada,” jelasnya.

Sementara bagi pengunjung yang hendak masuk ke lokasi wisata akan dikenakan biaya masuk yakni Rp5000 untuk biaya karcis masuk, ditambah Rp5000 untuk parkir mobil, dan Rp2000 untuk parkir roda dua.

Keberadaan objek wisata ini tidak terlepas dari upaya Pemerintah Nagari melalui Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Pangian Jaya dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Pangian untuk membenahi kawasan objek wisata ini.

Dari keterangan Ketua BUMNag Pangian Jaya, Nanda Anggara, mengatakan, Ngalau Indah Pangian dulu sudah dikenal sebagai destinasi wisata. Hanya saja pada 2015 terjadi longsor pada dinding tebing, sehingga menyebabkan jalan rusak dan membuat akses jalan jadi tertutup.

“Melihat potensi wisata yang bagus, kami bersama pokdarwis memperbaiki yang menjadi kendala tempat wisata itu. Dan kini hasilnya kembali ramai dikunjungi,” sebut dia.

Sementara, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Pangian, Amuri Solala, mengatakan, objek wisata tersebut ke depan diharapkan  terus dibenahi, sehingga akan ada hal-hal baru hadir di kawasan objek wisata Ngalau Indah tersebut.

Menurutnya, hal yang akan dibangun itu nantinya adalah spot-spot tempat selfie serta tempat-tempat menarik lainnya. Sedangkan kini telah ada pondok-pondok dan membuat suasana di kawasan objek wisata semakin indah serta nyaman.

Informasi yang tidak kalah penting lainnya adalah tentang goa, dimana goa Ngalau merupakan goa terindah di Asia Tenggara, seperti yang diungkapkan oleh L.deharveng A Bedos pada tahun 1995.

Di dalam goa tersebut dapat ditemukan stalagmit dan stalaktit yang masih alami dengan berbagai bentuk yang indah.

Lihat juga...