Menlu Motegi: Jepang – Australia Miliki Kemitraan Strategis

TOKYO – Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi, mengatakan pada awal pertemuan dengan mitranya dari Australia, bahwa Jepang dan Australia memiliki kemitraan khusus, strategis, dan kerja sama yang luar biasa, Rabu.

Pertemuan Motegi dengan Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, berlangsung sehari setelah pertemuan kelompok menteri luar negeri Quad, yang diikuti Amerika Serikat, Jepang, Australia, dan India.

Dalam pertemuan itu, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, menyerukan kerja sama yang lebih dalam dengan sekutu-sekutu Asia, sebagai benteng pertahanan terhadap pengaruh regional Cina yang berkembang.

Motegi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Payne pada Selasa, bertemu secara terpisah dengan Pompeo, dan keduanya membahas keprihatinan bersama mereka mengenai aktivitas Cina di Indo-Pasifik.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, pada Selasa (6/10), memulai pertemuan dengan rekan-rekannya dari Asia dan Indo-Pasifik, ketika Washington berupaya untuk memperkuat dukungan di antara sekutu regional pada saat ketegangan hubungan historis dengan Cina.

Perjalanan itu, yang pertama ke Asia Timur sejak Juli 2019, telah dikurangi menjadi satu hari penuh di Jepang, setelah Presiden AS Donald Trump didiagnosis dengan virus Corona. Pompeo membatalkan rencana kunjungan ke Mongolia dan Korea Selatan.

Cina telah mengecam Quad sebagai upaya untuk menahan perkembangan negeri Tirai Bambu itu.

Sementara pertemuan Quad mungkin tidak menghasilkan rencana tindakan tertentu, fakta dari pertemuan tersebut akan menjadi peringatan bagi Cina dan menimbulkan kecemasan di Beijing, bahwa suatu hari mungkin akan tumbuh pengelompokan formal seperti NATO, kata para ahli.

Juru bicara kementerian luar negeri India, Anurag Srivastava, mengatakan para menteri luar negeri kemungkinan akan menekankan dukungan mereka untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka pada pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan pertamanya hari itu, Pompeo bertemu dengan Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, di Kediaman Duta Besar AS di Tokyo. Mereka berpose di depan bendera masing-masing dengan mengenakan masker dan tanpa jabat tangan. (Ant)

 

Lihat juga...