Minuman Sehat Khas Padang Aia Aka, Murah Meriah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Tidak hanya teh talua atau teh telur yang populer bagi kaum adam yang ada di Sumatera Barat, tapi ada minuman khas daerah lainnya yang juga cukup populer, yakni aia aka.

Aia aka ini merupakan minuman yang benar-benar khas dari racikan masyarakat Minang. Aia aka ini khasnya terletak pada agar-agar yang berwarna hijau dimana agar-agarnya terbuat dari daun cincau serta airnya dari air daun kacang.

Dari keterangan pedagang minuman aia aka di Padang, Sahrul, mengatakan, minuman yang sangat sederhana itu tidak memiliki banyak bahan yang rumit untuk disiapkan. Hal ini juga yang membuat minuman aia aka disebut memiliki banyak khasiat.

“Aia aka ini dapat menurunkan panas dalam dan juga dapat memperlancar pencernaan serta juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Jadi cukup laris juga minuman ini,” ujarnya, Sabtu (17/10/2020).

Alasan kenapa aia aka memiliki banyak khasiat karena bahan-bahannya sangat sederhana dan terbuat dari bahan alami. Seperti daun cincau, santan kelapa, air daun kacang, gula merah yang dicairkan, serta ada perasan jeruk nipis.

Agar-agar yang terbuat dari daun cincau itu disajikan dalam dua rasa, pertama aia aka pakai santan kelapa dan kedua aia aka pakai perasan jeruk nipis. Tapi ingat sajikan minuman aia aka tidak menggunakan campuran es batu.

Di Padang, minuman aia aka ini hanya dijual oleh pedagang kaki lima yang berdiri di pinggir jalan menggunakan gerobak  dimulai sejak pukul 17.00 Wib sore hingga malam hari. Aia aka ini juga tidak akan ditemukan di kafe atau bahkan restoran.

“Sebenarnya cukup banyak pedagang aia aka di Padang ini. Banyak pula peminat. Apalagi harganya itu adalah Rp5.000 saja, jadi siapa pun dengan mudah menikmati air aka ini,” ujarnya.

Salah seorang penikmat aia aka di Padang, Fadhli, mengatakan, rasa aia aka yang paling digemarinya ialah rasa aia aka campur santan kelapa. Menurutnya, rasa santan yang dicampur dengan gula merah lalu diaduk dengan agar-agar  sungguhlah lezat.

“Saya sering membeli di waktu sore, karena setelah seharian beraktivitas, lalu meminum aia aka membuat saya merasa segar,” ucap dia.

Selain menjadikan minuman air untuk sajian kesehatan, aia aka juga tergolong sangat terjangkau ketimbang harga minuman lainnya. Apalagi dalam situasi Covid-19 ini menjaga kesehatan amatlah penting, seperti halnya dari gejala panas dalam.

“Saya itu biasanya habis pulang kerja, singgah dulu minum ini. Sambil istirahat dan menunggu waktu Magrib. Dan alhamdulillah khasiatnya sangat terasa di badan,” ungkapnya.

Lihat juga...