Nikmatnya Kepala Ikan Kerapu Kuah Asam, Menggugah Selera Makan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Kelezatan kepala kerapu kuah asam mampu menggugah selera makan. Kuahnya bening seperti sup tapi kaya rempah, memberi kesegaran dan rasa tersendiri. Misalnya untuk santap siang.

Menikmati lezatnya kepala kerapu kuah asam, tak perlu ke rumah makan mewah. Di Kota Bekasi, Jawa Barat, ada warung khas bernama Dabu-dabu.

Nama warung itu sendiri diambil dari nama sambal yang menjadi menu wajib di meja makan. Lokasinya cukup sederhana di kompleks kantor Koni area selatan, Stadion Patriot Candrabhaga, Kayuringin, Bekasi Selatan.

Natalia penjual makanan khas menu kepala kerapu kuah asam di Bekasi, saat dijumpai, Sabtu (17/10/2020) – Foto: Muhammad Amin

“Kami baru buka di sini. Menu andalan kepala kerapu kuah asam dan kudapan khas lainnya, seperti sambal atau dabu-dabu sendiri,” ungkap Natalia, pengelola warung asal Manado kepada Cendana News, Sabtu (17/10/2020).

Dikatakan, bahwa kepala kerapu kuah asam adalah makanan harian di kawasan pesisir. Cara masaknya pun simpel tetapi kaya akan rempah hingga mampu memberi rasa yang khas.

Ada pun bahan baku yang disiapkan untuk ikan kerapu kuah asam seperti cabai, daun bawang, bawang merah, putih, daun lemon atau jeruk, daun kemangi dan tomat serta garam dan lainnya.

“Kepala ikan kerapu lebih dulu direbus sudah itu dicampur garam dan penyedap rasa lainnya. Jangan lupa ikannya harus segar, agar rasa ikannya lebih empuk dan enak,” ungkap Natalia.

Tidak ada yang istimewa dalam cara memasak. Natalia dibantu langsung ibunya.

Selain sambal dabu-dabu, juga tersedia bubur khas yang memiliki beragam campuran dan aneka masakan ayam lainnya. Warung Dabu-dabu sendiri buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB.

Wira, salah seorang pelanggan setia mengakui, masakan kepala ikan kerapu kuah asam cukup pas rasanya. Selain itu tempatnya juga nyaman, harganya pun bersahabat.

Lihat juga...