Pelaku UKM Malang Didorong Beradaptasi di Era Digital

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MALANG – Merespon dunia ekonomi era digital di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perubahan zaman, dari yang awalnya konvensional menjadi digital.

Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi diadakannya pelatihan digital branding sekaligus soft launching market place Belanjamalang.com yang digagas Hasta Komunika.

Direktur Hasta Komunika Research and Consultant, Muhammad Anas Muttaqin, menceritakan, ide untuk menggelar acara tersebut berawal dari kegelisahan melihat banyaknya pelaku UKM di Malang Raya yang terdampak Covid-19. Sebab menurutnya, para pelaku UKM tersebut selama ini hanya mengandalkan cara-cara konvensional yaitu dengan berjualan secara offline.

Direktur Hasta Komunika Research and Consultant, Muhammad Anas Muttaqin, menjelaskan terkait pelatihan digital branding sekaligus soft launching marketplace Belanjamalang.com di Razy Hotel, Senin (26/10/2020). Foto: Agus Nurchaliq

“Makanya sekarang kita geser metode konvensional tersebut agar bisa beradaptasi dengan kondisi hari ini. Bagaimana caranya supaya UKM yang ada di Malang ini perlahan juga bergerak ke arah digital, salah satunya dengan cara menyiapkan sebuah platform digital marketplace lokal Belanjamalang.com sekaligus memberikan pelatihan ,” terangnya kepada awak media di Razy Hotel, Senin (26/10/2020).

Menurutnya, di tengah banyaknya marketplace saat ini, yang membedakan adalah Belanjamalang.com ingin membentuk ekosistem baru, ekosistem ekonomi lokal di Malang raya sehingga semua UKM di Malang Raya bisa masuk.

“Harapannya agar bisa terbentuk ekosistem lokal untuk membantu masyarakat bertransaksi sehingga ada perputaran ekonomi baru di dunia digital di Malang. Jadi nanti akan diklasterkan, misalnya kita ingin mencari barang di wilayah Batu, tinggal cari saja di klaster kota Batu akan muncul semua usaha yang ada di kota Batu,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Anas, kehadiran Belanjamalang.com tidak hanya dalam konteks berjualan saja, tetapi juga ada sisi sosial yaitu berupa acara pelatihan yang diadakan secara berkala, seperti pelatihan terkait digital branding yang diadakan hari ini kepada para pelaku UKM.

“Kami juga akan membantu proses review yang akan meningkatkan ketertarikan orang terhadap produk tersebut,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan Anas, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pemerintah daerah dan perbankan yang sudah siap untuk mendukung Belanjamalang.com supaya bisa berjalan sesuai dengan harapan sehingga bisa menjadi andalan baru di Malang.

“Bahwa ada ekosistem ekonomi digital baru di Malang yang bisa memfasilitasi UKM di Malang,” tegasnya.

Sementara itu peserta pelatihan, Vika Nurmafazah, sebagai perwakilan dari pengurus salah satu pondok pesantren di kota Malang mengaku, sangat terbantu dengan adanya pelatihan digital branding.

“Sesuai dengan judul pelatihannya digital branding, harapannya ke depan di era pandemi seperti ini kita bisa lebih aktif, lebih kreatif, di dunia digital untuk mengembangkan usaha atau produk-produk hasil karya para santri. Karena kami memang masih pemula dan minim ilmu untuk branding, jadi kita masih sangat membutuhkan acara-acara seperti ini,” ungkapnya.

Lihat juga...