Pengolahan Tepat Bahan Pangan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Tren mengonsumsi makanan cepat saji (fast food) tanpa aktivitas olahraga berimbas timbulnya penyakit tidak menular (PTM) pada manusia. Beberapa bahan pangan sederhana dapat dijadikan sebagai alternatif asupan gizi yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Samsu Rizal, Kepala UPT Puskesmas Rawat Inap Ketapang menyebut beberapa bahan pangan sederhana bisa berguna untuk kesehatan tubuh. Tidak perlu mahal, bahan pangan dari kebun bisa jadi asupan gizi.

Menurut Samsu Rizal, potensi timbulnya PTM imbas pola makan tidak tepat berpotensi mengganggu kesehatan. Gangguan kesehatan yang kerap dialami meliputi hipertensi, diabetes, ginjal, jantung, kanker. Pola perilaku yang berpotensi terkena risiko penyakit tidak menular dengan menjaga asupan bahan makanan sehat dan seimbang.

Pemilihan jenis bahan pangan tepat meski sederhana sebutnya mendukung pengurangan PTM. Pilihan yang bisa dijadikan varian untuk menjaga bahan makanan sehat berupa sumber karbohidrat. Jenis tanaman umbi seperti ubi jalar, singkong, talas, uwi dan buah segar jenis pisang, semangka, melon bisa dimanfaatkan untuk variasi bahan makanan.

“Sejumlah bahan makanan,minuman pada zaman modern saat ini cukup banyak pilihan namun perlu dilakukan pemilahan yang tepat menghindari sejumlah penyakit tidak menular imbas makanan dan perilaku tidak sehat,” terang Samsu Rizal saat ditemui Cendana News, Jumat (9/10/2020).

Samsu Rizal, saat kegiatan Musrembangdes di Desa Bangunrejo, Jumat (9/102020). -Foto Henk Widi

Sebagai langkah memanfaatkan bahan pangan yang sehat, pengolahan tepat sebut Samsu Rizal harus dilakukan. Saat ini singkong banyak dikenal generasi muda dalam bentuk olahan keripik. Pengolahan keripik dengan sistem menggoreng, memberi asupan bumbu, zat pewarna kerap lebih menarik. Namun pengolahan dengan perebusan berpotensi mempertahankan nilai gizi.

Lihat juga...