Penjualan Rak Pot Kreasi Terdongkrak Tren Tanaman Hias

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Seiring meningkatnya tren tanaman hias di kalangan masyarakat, turut membawa berkah bagi para pengrajin rak pot. Terlebih dengan beragam kreasi bentuk yang dihasilkan, juga semakin menarik minat pembeli.

Berkah tren tanaman hias, turut dirasakan Kurniawan, pemilik usaha las besi di kawasan Kedungmundu Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Dalam tiga bulan terakhir ini, dirinya tidak hanya mengerjakan pesanan pintu atau pagar besi, namun juga membuat rak untuk pot tanaman hias.

“Tren tanaman hias memang memberi keuntungan buat saya, dengan berjualan rak untuk pot tanaman. Jika sebelumnya, saya hanya membuat pagar, pintu, jendela atau kanopi, sekarang ditambah rak tanaman,” paparnya, saat ditemui Cendana News di bengkel las tersebut, Selasa (13/10/2020).

Dijelaskan, pembuatan rak tersebut diawali dari permintaan para pedagang tanaman hias. “Awalnya dari para pedagang, mereka menyerahkan bentuk rak untuk dibuat. Ternyata permintaannya tinggi, dalam seminggu saya bisa membuat 20 rak pot tanaman. Sekarang selain melayani permintaan pedagang, pembeli yang langsung memesan kesini juga banyak,” paparnya.

Lokasi bengkel tersebut yang terletak di pinggir jalan, memudahkannya untuk memamerkan rak kreasi yang dihasilkan, sehingga mampu menarik masyarakat yang kebetulan lewat.

“Ada beberapa yang saya pajang di depan bengkel las. Harapannya orang yang lewat di jalan bisa melihat, kalau ada yang tertarik juga bisa mampir, melihat dan membeli,” terangnya.

Untuk harga, juga lebih murah murah, jika dibanding membeli di pedagang. “Pasti lebih murah dibanding beli di toko, karena ini kan beli langsung di bengkel. Bisa selisih antara Rp 20 ribu – Rp 30 ribu. Misalnya rak bunga bentuk sepeda, kalau di toko harganya sekitar Rp 250 ribu, saya jual hanya Rp 220 ribu,” jelasnya.

Demikian juga dengan standing pot atau rak pot berdiri, hanya dijual Rp 80 ribu, sementara di toko sekitar Rp 100 ribu. Sedangkan rak untuk enam pot tanaman dijual bervariasi antara Rp 120 ribu – Rp 150 ribu. Termahal rak berbentuk sepeda ukuran besar dijual Rp 350 ribu.

“Harga menyesuaikan kualitas, ini dibuat dari besi kolom. Jadi dijamin awet dan kuat. Kalau patah juga bisa digaransi, bisa dibetulkan dengan mengelas kembali,” tandasnya.

Iswadi, menunjukkan rak pot yang dijualnya, saat ditemui di toko tempatnya berjualan di kawasan Kedungmundu Semarang, Selasa (13/10/2020). -Foto Arixc Ardana

Hal senada juga disampaikan Iswadi. Penjual rak dan pot tanaman, yang juga berjualan di sekitar kawasan Kedungmundu Semarang. “Saya hanya menjual rak dan pot, tidak menjual tanaman. Sejauh ini penjualannya ramai, karena memang tanaman hias masih tren, termasuk juga rak pot, juga banyak yang mencari,” terangnya.

Dipaparkan, untuk tren rak pot lebih ke bentuk minimalis, tanpa banyak variasi atau hiasan. Sedangkan warna putih, yang kini digemari. Hal senada juga berlaku untuk pot tanaman, pot putih dan minimalis menjadi buruan para pecinta tanaman hias.

“Ini kebalikan dari tren sebelumnya, yang lebih menyukai warna hitam atau coklat dan banyak variasi,” terangnya.

Soal harga pun beragam tergantung bentuk dan ukuran. Dipaparkan, untuk rak bunga, harga mulai dari Rp 125 ribu hingga Rp 250 ribu. “Itu untuk rak tiga pot, empat, lima dan enam pot. Sementara untuk rak model sepeda mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu. Tergantung ukuran dan jumlah pot,” paparnya.

Dalam sehari rata-rata dirinya bisa menjual 10 -20 pot bunga, sementara untuk rak rata-rata 3-4 buah. “Kalau pot saya ambil langsung dari produsennya di Bandung, sementara untuk rak, pesan dari tukang las. Kita berikan gambarnya nanti mereka yang membuatnya,” lanjut Iswadi.

Diakui meski tren tanaman hias bisa jadi ada masa akhirnya, namun dirinya mengaku tidak khawatir dengan barang dagangannya. “Ini kan barang-barang yang tidak habis pakai, maksudnya tidak mudah rusak atau awet. Jadi pasti nanti tetap laku, meski tren tanaman hias berakhir atau turun. Peminatnya ,masih tetap ada meski tidak sebanyak sekarang,” tandasnya lagi.

Sementara, salah satu pembeli, Ariyanti, mengaku tertarik membeli rak pot untuk meletakkan tanaman hias miliknya.

“Memang hobi tanaman hias, di rumah ada beberapa. Sebelumnya hanya diletakkan di meja atau di lantai, ini saya mau cari rak buat pot-pot tersebut. Biar ditata rapi, jadi semakin cantik, juga untuk menghias ruangan,” pungkasnya.

Lihat juga...