Penyaluran Bantuan Beras Kemensos di Aceh Capai 75 Persen

Warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) membawa pulang Bantuan Sosial Beras (BSB) saat pembagian di Desa Keude Aceh, Lhokseumawe, Aceh, Selasa (7/10/2020) – Foto Ant

BANDA ACEH – Dinas Sosial Aceh menyatakan, penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) dari Kementerian Sosial RI, untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), telah mencapai 75 persen.

Dengan jumlah beras tersalurkan sebanyak 6,2 juta kilogram. “Kami sudah salurkan, sampai hari ini sudah 75 persen untuk tahap Agustus dan September, sedangkan Oktober ada beberapa daerah sudah mulai,” kata Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, didampingi Kepala Seksi Jaminan Sosial Keluarga, Siti Hodijah, Rabu (7/10/2020).

Bantuan beras tersebut diperuntukkan bagi pemegang kartu PKH, lantaran para penerima program tersebut tidak dibolehkan untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dampak COVID-19. Di Aceh, tercatat ada 272.898 PKM pemegang kartu PKH. Mereka akan mendapatkan bantuan sosial beras untuk tiga tahap yakni Agustus, September, dan Oktober.

Untuk tahap Agustus dan September yang sudah menerima mencapai 208.713 PKM, sedangkan yang belum tersisa hanya 64.185 PKM. “Dari itulah Kemensos membantu penerima PKH dengan bantuan beras, karena mereka tidak tersentuh dengan BST dan BLT, untuk membantu mereka di masa pandemi COVID-19 ini. Mereka mendapatkan 15 kilogram per bulan, jadi tiga bulan totalnya 45 kilogram,” rincinya.

Lihat juga...