Pepes Ikan Mas Tulang Lunak yang Menggugah Selera

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Pepes Ikan memiliki berbagai varian tergantung daerah dengan ciri khas khusus pada rempahnya menyesuaikan selera. Salah satunya pepes ikan mas tulang lunak bisa dinikmati di Bekasi.

Sativa, menunjukkan Pepes Ikan Mas Tulang Lunak Arini, yang dibuat secara rumahan sebagai penambah pilihan menu santapan di Kota Bekasi, Sabtu (30/10/2020). Foto: Muhammad Amin

Memerlukan cara khusus, dalam mengolah agar ikan yang dikenal banyak duri tersebut bisa lunak. Salah satu caranya dengan terlebih dulu di kukus.

“Agar menghasilkan pepes ikan mas tulang lunak, ikan lebih dulu dikukus selama enam jam diperapian kecil. Setelah itu baru dipepes bercampur bumbu rempah,” ujar Sativa, pemilik Pepes ikan Mas Tulang Lunak kepada Cendana News, Sabtu (31/10/2020).

Pepes ikan mas, membutuhkan banyak rempah dan bumbu seperti daun salam, cabe, bawang merah dan putih, jahe, lengkuas, kemiri dan garam sebagai penyedap. Satu lagi agar memberi aroma pengguna selera dibanyakin daun kemangi.

Menurutnya pepes ikan mas yang diproduksinya tersebut bisa dimakan tanpa ada satu pun terbuang. Dari kepala sampai ekor bisa dimakan tanpa tersisa.

“Ini produksi rumahan dijual secara online melalui media sosial. Biasanya pesanan untuk acara tertentu seperti nikahan atau giat lainnya. Tapi ada juga pesanan untuk konsumsi di rumah bersama keluarga,” ujar Sativa.

Kurniatullah pencetus ide produksi pepes ikan mas tulang lunak, mengatakan bahwa awalnya karena memiliki empang tempat budidaya ikan air tawar dan laut di wilayah Bogor. Hingga akhirnya terpikir, untuk membuat pepes ikan mas tulang lunak untuk dipasarkan.

“Makanya pepes memiliki nama pepes ikan tulang lunak Arini. Dipasarkan dengan online dengan harga Rp28 ribu satu bungkus,” jelas Kurnia mengakui belajar buat pepes tulang lunak saat masih tinggal di Cibitung, Bekasi.

Selain pepes Kurnia mengaku juga membuat rempeyek kacangs ecara rumahan kacang ijo ikan rebon teri dan kacang tanah.

Untuk pepes berisikan satu ekor ikan mas hitam dengan ukuran 700 gram lebih dicampur bumbu yang telah dihaluskan seperti cabai merah, bawang merah dan putih, jahe, lengkuas, kemiri goreng dan gula secukupnya sebagai syaratnya. Tapi jangan lupa sereh dan daun kemangi.

Dikatakan pepes ikan tulang lunak bisa bertahan beberapa hari dan masih enak dimakan meskipun sudah lima harian. Tapi tentu untuk menambah citarasa lebih baik dihangatkan sebentar di perapian.

“Untuk penyajiannya, bakar pepes di atas pan hingga beraroma bakar, dan enak di konsumsi dihidangkan selagi hangat,” tutupnya.

Lihat juga...