Peringati HUT, Lanal Maumere: TNI tidak Terpisahkan dari Masyarakat

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Pasminlog Lanal Maumere Mayor Laut (T) Nono Sumarno saat ditemui di Mako Lanal Maumere,Kabupaten Sikka, NTT, Senin (5/10/2020).Foto : Ebed de Rosary

MAUMERE — Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-75 yang mengusung tema ‘Sinergi Untuk Negeri’ Pangkalan TNI AL (Lanal) Maumere yang membawahi 8 kabupaten di wilayah Pulau Flores, Lembata dan Alor melaksanakan berbagai kegiatan sosial.

Kegiatan sosial yang dilakukan tersebut merupakan kerjasama dengan masyarakat dimana dengan adanya program Pembinaan Potensi Maritim setiap desa dan kelurahan ditempatkan personel di seluruh wilayah kerja Lanal Maumere.

“TNI merupakan bagian dari masyarakat dan tidak terpisah dari masyarakat. Untuk itu, masyarakat diharapkan mendukung program kerja dari Lanal Maumere,” kata Danlanal Maumere Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto melalui Pasminlog Lanal Maumere Mayor Laut (T) Nono Sumarno saat ditemui Cendana News di Mako Lanal Maumere, NTT, Senin (5/10/2020).

Nono yang didampingi Dandenpom Lanal Maumere Mayor Laut (PM) Edy Wibowo menyebutkan, berbagai kegiatan dalam rangka HUT TNI berupa bakti sosial donor darah yang dilaksanakan panitia HUT TNI bekerjasama dengan PMI Sikka.

Lanal Maumere juga, kata dia, bekerja sama dengan KRI Tongkol-813 saling bersinergi membantu para nelayan daerah pesisir Maumere yang ikut terkena dampak dari virus Covid-19.

“Sinergitas tersebut berupa pemberian bantuan sembako kepada para nelayan yang terkena dampak dari virus Covid-19. Bantuan tersebut diberikan dengan menggunakan sekoci yang menghampiri perahu-perahu nelayan di pesisir pantai Kota Maumere,” ungkapnya.

Nono menyebutkan, memaknai HUT TNI ke-75, Lanal Maumere tetap bersinergi bersama unsur vertikal lainnya dan dalam melaksanakan tugas keseharian memang tidak ada kendala yang berat dan berjalan dengan aman dan lancar.

Ia menjelaskan, untuk Lanal Maumere sesuai SP jumlah personil seharusnya 242 orang namun secara riil di lapangan baru 68 orang atau baru terpenuhi sekitar 30 persen sehingga dirinya mengimbau generasi muda untuk bergabung menjadi personel TNI AL.

“Personel kami ada di 5 kabupaten terdiri dari Pos AL di Lembata, Ende, Alor, Nagekeo dan Posmat di Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur,” jelasnya.

Selama ini papar Nono, Lanal Maumere sudah tercatat 3 kali kami melakukan penangkapan pelaku ilegal fisihing dan diproses lebih lanjut sampai ke pengadilan dan pihaknya selalu melaksnakan patroli laut sesuai kebutuhan dan tingkat keamanan di wilayah kerja Lanal Maumere.

Dandenpom Lanal Maumere Mayor Laut (PM) Edy Wibowo menambahkan, bertempat di ruang rapat Mako Lanal Maumere telah berlangsung kegiatan upacara HUT TNI Ke 75 tahun 2020 secara virtual oleh prajurit Lanal Maumere ditengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia khususnya di Kabupaten Sikka.

Edy katakan,upacara virtual yang dilaksanakan secara terpusat tersebut dimulai pukul 10.00 WITA mengusung tema ‘Sinergi Untuk Negeri’ dan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia,Ir.Joko Widodo di Istana Negara.

“Prajurit Lanal Maumere, beserta seluruh panitia peringatan HUT TNI ke-75 tahun 2020 Kabupaten Sikka menyadari bahwa ditengah kondisi pandemi Covid-19, untuk meminimalisir kontak sosial diputuskan bahwa upacara peringatan HUT ke-75 TNI tahun 2020 kali ini dilaksanakan dengan sederhana dan mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Disaksikan Cendana News, hadir dalam upacara virtual tersebut, Pasminlog Lanal Maumere Mayor Laut (T) Nono Sumarno, Dandenpom Lanal Maumere Mayor Laut (PM) Edy Wibowo,Dansatma Lanal Maumere Kapten Laut (P) Jafar serta Kaurlid Sintel Lanal Maumere Kapten Laut (KH) Moh. Bono.

Turut hadir dalam upacara virtual tersebut Dankal Balibo Lettu Laut (P) Malik, Kaset Lanal Maumere Letda Laut (K) Dennys Sukarna, Paur simak BMN Sminlog Lanal Maumere Letda Laut (S) Hendro Setiawan serta seluruh Bintara dan Tamtama Lanal Maumere.

Lihat juga...