Perpanjang Mimpi Buruk Schalke, Leipzig Kembali Pimpin Klasemen

Gelandang RB Leipzig, Willi Orban (kiri), merayakan gol yang dicetaknya dalam pertandingan Liga Jerman melawan Schalke 04 yang dimainkan di Red Bull Arena, Leipzig, Sabtu (3/10/2020) – foto Ant

JAKARTA – RB Leipzig, kembali merebut posisi teratas klasemen sementara Liga Jerman, setelah sukses memperpanjang mimpi buruk Schalke 04 dengan kemenangan 4-0, Sabtu (3/10/2020) setempat atau Minggu (4/10/2020) dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Leipzig kini mengoleksi tujuh poin, dari tiga pertandingan pembukaannya. Hasil yang membawa mereka menempati posisi puncak. Koleksi poin Leipzig sama dengan Eintracht Frankfurt, namun mereka unggul selisih gol. Sedangkan Schalke, memperpanjang masa huninya di dasar klasemen, dengan nol poin serta selisih gol minus 14, setelah memainkan tiga putaran pertandingan.

Malapetaka Schalke dimulai pada menit ke-31, saat Can Bozdogan mencetak gol bunuh diri. Disusul dengan gol Angelino pada menit ke-35 dan gol Willi Orban pada menit ke-45, untuk menutup babak pertama. Pada babak kedua, mereka masih menambah satu gol lagi melalui eksekusi penalti, Marcel Halstenberg, pada menit ke-80.

Sebagaimana telah diperkirakan, Leipzig mendominasi jalannya permainan sejak awal pertandingan. Sedangkan Schalke hanya memiliki peluang berbahaya dari sepakan jarak dekat, Suat Serdar, pada babak pertama. Sayangnya, Serdar kemudian harus ditarik keluar lapangan pada menit ke-22 akibat cedera. Permainan Schalke semakin mengendur, dan mereka harus kemasukan gol pertama saat sepakan Emil Forsberg dibelokkan pemain pengganti, Bozdogan, yang membuat bola masuk ke gawang sendiri.

Leipzig kemudian menggandakan keunggulan saat umpan silang Christopher Nkunku, disambut tandukan Angelino ke tiang jauh. Gol ketiga Leipzig juga didapat dari sundulan, ketika Orban menanduk bola umpan silang Halstenberg melewati kiper Ralf Fahrmann. Schalke harus mengganti kiper Fahrmann, yang jatuh dengan punggungnya pada akhir babak pertama. Rekrutan baru, Frederick Roennow, masuk menggantikannya. Setelah itu, permainan Schalke sempat membaik, dan mereka mengancam melalui upaya Bozdogan, namun masih dapat ditahan kiper Peter Gulacsi.

Momentum tersebut tidak bertahan lama. Leipzig kembali mengambil kendali permainan, dengan peluang emas dimiliki Nordi Mukiele yang gagal menyambar tendangan bebas Angelino. Gol keempat Die Rotten Bullen, didapat saat wasit memutuskan lengan Matija Nastatic mengenai bola di kotak terlarang. Eksekusi penalti diambil oleh Halstenberg, untuk memastikan Leipzig mengantungi kemenangan empat gol tanpa balas. (Ant)

Lihat juga...