Petani Lamsel Manfaatkan Dedaunan Untuk Pakan Ternak

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Peternak di Kabupaten Lampung Selatan, memaksimalkan penggunaan pakan hijauan berupa dedauan di kala kemarau, sebagai solusi sulitnya mencari pakan jenis rumput.

Nurohman, salah satu petani sekaligus peternak di Desa Sripendowo, Kecamatan Ketapang, mengaku mulai kesulitan pakan. Pemilik empat ekor kambing jenis kacang dan kepleh itu memilih mencari pakan hijauan ke sejumlah kebun.

Lahan pertanian yang sebagian kering, membuat ia memilih sumber pakan daun segar dari sejumlah pohon. Berbagai jenis pohon yang bisa digunakan untuk sumber pakan, di antaranya daun pohon mindi, daun jati putih dan daun nangka. Pakan alternatif itu digunakan olehnya untuk melengkapi pakan hijauan jenis rumput kawatan, kacangan dan odot.

Nurohman, salah satu petani dan peternak di Desa Sripendowo, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, mencari pakan kambing dari pohon jati putih dan mindi, Senin (26/10/2020). -Foto: Henk Widi

Sebagian pakan hijauan saat kemarau, sebut Nurohman, diperoleh dari area persawahan tepi sungai. Sulitnya mencari pakan saat kemarau menjadi kendala baginya sebagai peternak. Ia juga memilih menggunakan lahan kebun untuk penanaman komoditas pertanian bahan pakan ternak, berupa kacang panjang dan kacang tanah.

“Sumber pakan bisa ditanam bersama dengan komoditas pertanian, sehingga saat panen limbah daun bisa dipergunakan sebagai pakan hijauan, sehingga memiliki manfaat ganda mengasilkan komoditas pertanian juga sumber pakan,” terang Nurohman, saat ditemui Cendana News, Senin (26/10/2020).

Pemanfaatan lahan untuk penyediaan pakan ternak juga dilakukan oleh Sujito, peternak sapi. Memiliki lahan seluas satu hektare, ia melakukan penanaman komoditas kacang hijau dengan pupuk kandang. Penggunaan pupuk tersebut merangsang pertumbuhan rumput pakan. Meski menjadi gulma, pakan ternak bisa diperoleh dari rumput kawatan dan sindat gangsir.

Ia memilih memaksimalkan lahan sawah saat kemarau, untuk komoditas palawija. Penanaman kacang tanah, kacang hijau yang bisa dipanen saat usia 75 hari, diakuinya cukup menguntungkan. Membiarkan gulma rumput dan tanaman, bertujuan mendapatkan sumber pakan hijauan. Rumput yang tidak disemprot dengan bahan kimia berpotensi mempermudah kebutuhan pakan.

“Lahan dipagar dengan bambu, sehingga ternak tidak masuk ke lahan pertanian, sehingga rumput tumbuh subur berdampingan dengan tanaman produktif,” cetusnya.

Pemanenan rumput, sebut Sujito, dilakukan setiap pekan dengan sistem bertahap. Jenis rumput yang dipangkas akan kembali bersemi, sehingga bisa kembali dipangkas hingga komoditas pertanian dipanen. Limbah hasil pertanian daun kacang tanah, kacang hijau, masih bisa digunakan untuk pakan. Caranya dengan mencacah daun dan mencampurkannya dengan dedak dan tetes tebu.

Selain memanfaatkan lahan pertanian, keberadaan sungai di dekat lahan sawah cukup menguntungkan. Sujito memilih menanam sumber pakan hijauan berupa rumput odot, gajahan dan kawatan. Sebagian petani yang memiliki ternak kerap akan melakukan penanaman di tanggul sungai. Pemanenan setiap dua hari membantu ketersediaan pakan bagi sapi miliknya.

“Swasembada pakan menjadi salah satu kebutuhan penunjang suksesnya peternakan berbasis pertanian,” cetusnya.

Hasan, peternak di Desa Bangunrejo, pemilik delapan ekor sapi peranakan ongole (PO) memilih menanam rumput gajahan. Lahan yang semula ditanami jagung, sebagian dipakai untuk menanam rumput pakan. Kebutuhan pakan hijauan sangat terasa kala kemarau, sebab lahan yang tidak digarap sebagian dibakar pemilik. Penanaman bahan pakan hijauan menjadi cara mempermudah sumber pakan saat kemarau.

“Menyiapkan lahan untuk sumber pakan, menjadi salah satu solusi agar ternak tetap bisa mendapat asupan pakan,” bebernya.

Peternak lain, Damiran, memilih mengurangi jumlah ternak yang dipelihara. Saat ada warga yang akan melaksanakan hajatan, ia memilih menjual dua ekor kambing miliknya. Sumber pakan diperoleh warga Desa Kelaten, Kecamatan Penengahan itu dari tepi sungai Way Pisang. Sebagian pakan diperolehnya dari kebun yang masih ditumbuhi rumput.

Lihat juga...