Polda Lampung Antisipasi Kemacetan Saat Libur Panjang

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Kepolisian Daerah Lampung menggandeng stakeholder terkait dalam upaya mengantisipasi kemacetan saat libur panjang.

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto meminta pihak ASDP Indonesia Ferry, Hutama Karya dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) menyiapkan sarana dan prasarana memadai. Sebab libur panjang berpotensi dipakai masyarakat pulang kampung.

Kapolda menyebut pemerintah menetapkan 28 dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad. Libur cuti bersama itu ditetapkan sesuai keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2020 dilanjutkan tanggal 31 Oktober dan 1 November 2020 jatuh pada hari Sabtu dan Minggu libur akhir pekan. Antisipasi kepadatan penumpang kapal dan kendaraan perlu dipersiapkan.

Irjen Pol Purwadi Arianto menyebut pelayanan libur panjang sebutnya berbarengan dengan Operasi Zebra Krakatau. Salah satu fokus operasi yang bersamaan dengan libut panjang sebutnya keselamatan pengguna jalan di masa adaptasi kebiasaan baru (new normal). Pergerakan orang dan barang saat liburan harus dipantau untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Rekayasa lalu lintas di pelabuhan Bakauheni,jalan tol dan jalan lintas Sumatera melibatkan stakeholder terkait untuk melancarkan perjalanan masyarakat yang akan berlibur dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” terang Irjen Pol Purwadi Arianto saat meninjau Bakauheni, Selasa (27/10/2020)

Fokus perhatian Polda Lampung sebut Irjen Pol Purwadi Arianto terkait rekayasa lalu lintas di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni. Rekayasa lalu lintas dilakukan untuk memberi kenyamanan bagi pengguna jasa yang akan menuju ke Pelabuhan Bakauheni. Di fasilitas Jalan Tol  Trans Sumatera (JTTS) Polda Lampung menyiagakan personel Ditlantas PJR berkoordinasi dengan Hutama Karya.

Penggunaan Kilometer (KM) 20 JTTS ruas Bakauheni-Terbanggibesar untuk rest area sekaligus pengurai kemacetan jadi langkah solutif bersama. Sebab petugas kepolisian,tol dan ASDP Bakauheni akan memaksimalkan rest area tersebut. Bagi pengguna jasa asal Sumatera pengguna jalan tol yang akan menuju Pelabuhan Bakauheni akan distop untuk mengurai kendaraan di pintu masuk Bakauheni.

“Sebelum kendaraan tiba di pelabuhan Bakauheni telah membeli tiket sehingfa tidak ada penumpukan di pelabuhan,”cetusnya.

Skenario rekayasa lalu lintas sebutnya akan diatur dalam kondisi hijau, merah, kuning dan merah. Kondisi tersebut hijau untuk kendaraan lengang, kuning untuk ramai lancar dan merah saat arus lalu lintas alami kemacetan. Ia berharap koordinasi diperlukan agar pelayanan sejumlah stakeholder bisa saling berkaitan untuk memperlancar arus libur panjang.

Sebanyak 17 rest area yang ada di jalan tol sebutnya menjadi perhatian bagi Polda Lampung. Sebab rest area bisa dipergunakan untuk istirahat pengguna jasa sekaligus untuk memperlancar kendaraan pengguna jasa. Pelayanan di area pelabuhan Bakauheni termasuk kesiapan fasilitas area parkir, pembelian tiket, kapal dan dermaga diminta dipersiapkan dengan baik.

“Protokol kesehatan bagi pengguna jasa tetap harus didisplinkan sebab libur panjang masih dalam suasana new normal,” bebernya.

Captain Solikin, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Bakauheni menyebut menyiapkan mini posko. Mini posko libur panjang (long weekend) Maulid Nabi Muhammad SAW saat new normal tetap menekankan pengetatan protokol kesehatan. Sesuai prediksi puncak arus liburan berlangsung pada Sabtu (31/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020).

Sesuai dengan prediksi kenaikan arus pengguna jasa hingga 20 persen disiapkan sebanyak 68 kapal roll on roll off (Roro). Sebanyak 68 kapal tersebut akan dioperasikan rata-rata per hari mencapai 28 hingga 30 unit kapal. Sebanyak 6 dermaga disiapkan meliputi 1 dermaga eksekutif dan sebanyak 5 dermaga reguler. Selain penyiapan fasilitas dermaga,alat penjualan tiket juga telah dipersiapkan.

“ASDP telah menyiapkan alat penjualan tiket pada dermaga reguler sebanyak 6 loket dan sebanyak 10 vending machine, 2 unit loket tiket dan sebanyak 6 unit vending machine di dermaga eksekutif,” cetusnya.

Koordinasi dengan PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggibesar juga dilakukan. Solusi stagnasi pembelian tiket di Pelabuhan Bakauheni PT ASDP Indonesia Ferry juga menyediakan penjualan tiket secara offline. Sejumlah tempat penjualan tiket secara online berbasis nontunai dan secara tunai akan diberlakukan dalam kondisi darurat.

Antisipasi sistem kelistrikan untuk penjualan tiket online telah disiapkan dengan mesin genset. Selain kelistrikan antisipasi terjadinya masalah pada jaringan dengan pembelian tiket online telah diantisipasi dengan pihak provider. Penyiapan penjualan tiket berbasis kertas akan tetap dilakukan mengantisipasi membludaknya pengguna jasa di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni.

Lihat juga...