PSV Kantongi Tiket Fase Grup Liga Europa

Pemain sayap PSV Eindhoven, Cody Gakpo (kedua kiri), melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Rosenborg dalam laga playoff Liga Europa di Stadion Lerkendal, Trondheim, Norwegia, Kamis (1/10/2020) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – PSV Eindhoven memastikan diri meraih satu tempat di fase grup Liga Europa 2020/21, setelah menang 2-0 atas Rosenborg, dalam laga playoff di Stadion Lerkendal, Trondheim, Norwegia, Kamis (1/10/2020) waktu setempat atau Jumat (2/10/2020) dinihari WIB.

Eran Zahavi, membuka keunggulan PSV pada menit ke-22, dengan sontekan mudah di muka gawang. Sontekan yang memanfaatkan umpan tarik Donyell Malen pada menit ke-22. Lantas tembakan jarak jauh Cody Gakpo pada menit ke-61, melengkapi kemenangan PSV.

Dengan demikian, PSV membuat Belanda kini punya tiga tim yang tampil di fase grup Liga Europa 2020/21. Sebelumnya ada Feyenoord, yang lolos sebagai peringkat ketiga Liga Belanda yang diakhiri lebih awal. Dan ada AZ Alkmaar, yang lungsur seusai kalah di fase kualifikasi ketiga Liga Champions.

Spanyol juga diwakili tiga tim, setelah Granada menang 3-1 atas Malmo FF di Stadion Eleda dalam laga playoff, berkat gol-gol Darwin Machis, Antonio Puertas serta Yangel Herrera. Granada menyusul Villarreal dan Real Sociedad, yang sudah lebih dulu memperoleh tiket fase grup hasil posisi akhir mereka di klasemen Liga Spanyol 2019/20.

Slovan Liberec, juga meloloskan diri ke fase grup setelah menundukkan tamunya APOEL, dengan kemenangan tipis 1-0 di Stadion u Nisy. Kemenangan berkat gol dramatis yang dicetak Kamso Mara lewat titik putih pada menit kelima injury time.

Klub Republik Ceko itu kembali tampil di putaran final kompetisi Eropa untuk pertama kalinya setelah musim 2016/17. Tim-tim lain yang sudah meloloskan diri ke fase grup pada saat bersamaan adalah CFR Cluj (Romania), Dinamo Zagreb (Kroasia), Red Star Belgrade (Serbia) dan Lech Poznan (Polandia). (Ant)

Lihat juga...