Renovasi SJH untuk Piala Dunia U20 Dianggarkan Rp27 Miliar

Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung – Foto Ant

BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Bandung, mengalokasikan dana sekira Rp27 miliar, untuk renovasi Stadion Si Jalak Harupat (SJH), dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 di 2021 mendatang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bandung, H Marlan mengatakan, dana revonasi itu telah disiapkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Sementara, pada Rancangan APBD (RAPBD) 2021, telah direncanakan penganggaran sekira Rp109 miliar. “Akhir tahun ini kami akan mulai proses renovasi sejumlah infrastruktur sekeliling stadion, seperti penambahan lampu, penggantian rumput lapangan, perbaikan tempat duduk penonton, pemasangan sound system stadion, juga perbaikan jalan dan drainase. Semuanya akan berstandar FIFA,” kata Marlan, Minggu (4/10/2020).

Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) No.8/2020, SJH terpilih menjadi salah satu stadion tuan rumah Piala Dunia U-20, yang akan digelar pada 20 Mei hingga 12 Juni 2021. SJH terpilih bersama lima stadion lainnya, yakni Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Jakabaring di Palembang, Manahan di Solo, Gelora Bung Tomo di Surabaya dan I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

Dari enam stadion penyelenggara Piala Dunia U-20, hanya dua stadion yang akan direnovasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Hanya dua stadion yang akan direnovasi, yaitu Stadion Manahan, Solo dan I Wayan Dipta, Gianyar Bali. Sementara 4 stadion lainnya termasuk Si Jalak Harupat, diserahkan kepada daerah dan provinsi,” kata Marlan.

Marlan mengatakan, Pemkab Bandung juga berencana membangun wisma atlet yang berada di kawasan SJH. “Di kawasan SOR (sarana olahraga) SJH ini terdapat 15 venue, satu venue baru yakni lapang latih atau soccer training, telah memiliki sertifikasi dari FIFA. Di area ini juga, nantinya akan dibangun wisma atlet oleh Kementerian PUPR,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...