Rombongan DPRD Belitung Timur Sambangi Pemkot Bekasi

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Komisi 2 DPRD Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung, menyambangi kantor Pemkot Bekasi, terkait Implementasi Pokok Pikiran DPRD terhadap Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD). Mereka diterima di Ruang Rapat Bappelitbangda Kota Bekasi, oleh Sekretaris Bappelitbangda Kota Bekasi, Diki, beserta jajarannya.

“Kedatangan kami ingin mengetahui terkait pokok pikiran anggota dewan, seperti apa sistem yang digunakan dari mulai proses reses hingga RKP, sebagaimana proses teknis yang di Kota Bekasi agar bisa berjalan harmonis. Karena pokir memiliki tujuan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat juga pada akhirnya,” kata Oman, selaku pemimpin rombongan sekaligus anggota Komisi 2 DPRD Beltim, Kamis (15/10/2020).

Dia menjelaskan, bahwa berkoordinasi dan konsultasi dimaksud tentang Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah  Kota Bekasi. Dia berharap, bisa diterapkan di wilayah Kabupaten Belitung Timur sesuai teknis di wilayah Kota Bekasi. Perlu menjadi contoh, terutama terkait keharmoniasasi antara OPD dan Dewan dalam penyusunan pokir setiap tahunnya.

“Ini buat contoh untuk pembahasan pokir yang akan disampaikan di tahun 2021, banyak hal yang akan dicontoh,” jelasnya.

Tom Haryono, anggota DPRD Beltim lainnya, menambahkan bahwa di Kabupaten Belitung Timur memiliki peraturan hampir sama di semua daerah. Namun, implementasi berbeda dengan apa yang telah diusulkan dengan dinas terkait.

“Melalui konsultasi ini, bisa lebih memperjelas teknis, terutama terkait implementasi pokir dewan dalam memajukan daerahnya,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Bappelitbangda Kota Bekasi, Diki, mengayampaikan pada tahun ini ada yang berbeda, semua usulan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun pokir anggota Dewan diinput di kelurahan oleh petugas kelurahan.

Namun demikian, sebelumnya OPD juga telah mengeluarkan satu tema dan program 100 hari Kepala Daerah, sehingga diharapkan program yang sudah diusulkan tidak lagi keluar dari jalur.

Diki menjelaskan, rencananya Kota Bekasi tahun depan akan menerapkan sistem yang digunakan oleh Pemerintah Kota Bogor, yaitu Forum Pokir.

“Forum Pokir merupakan suatu wadah koordinasi antara Bappelitbangda dengan banggar tentang pokir yang diusulkan oleh anggota dewan ” tukasnya.

Menurut Diki, setiap permasalahan pasti ada dinamikanya di setiap daerah, namun ada solusi yang bisa dicapai, karena demi kepentingan masyarakat banyak juga akhirnya.

Berbagai hal turut dibahas dalam pertemuan tersebut terkait kemajuan di Kota Bekasi, dan berbagai kebijakan lainnya.

Lihat juga...