Rutin Konsumsi Sayuran dan Buah Cara Sederhana Jaga Kesehatan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Memperbanyak konsumsi sayuran jadi salah satu cara sederhana menjaga kesehatan. Kandungan nutrisi bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik terutama saat pandemi.

Ponimin, petugas lapangan Keluarga Berencana Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan saat ditemui beberapa waktu lalu (Dok CDN)

Ponimin, petugas lapangan Keluarga Berencana Kecamatan Ketapang menyebutkan, berbagai jenis sayuran segar yang memiliki manfaat bagi kesehatan bisa ditanam pada lahan pekarangan. Jenis sayuran yang bisa disediakan meliputi bayam, sawi, kangkung, selada, keningkir, katuk, daun pepaya, daun singkong.

“Jenis vitamin pada sayuran yang bisa diperoleh meliputi vitamin A, C, antioksidan, zat besi dan kandungan mineral serta serat,” terang Ponimin saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (30/10/2020).

Pemilihan sayuran segar sebutnya tetap memperhatikan faktor kebersihan. Jenis yang ditanam sendiri kerap terbebas dari bahan kimia. Pupuk kimia, insektisida yang tidak digunakan akan menjadikan sayuran tetap sehat.

Bagi kaum lanjut usia pola makan yang seimbang dengan menu sayuran dan buah jadi prioritas. Jenis buah alternatif yang bisa dijadikan menu konsumsi berupa alpukat, jeruk, apel, mangga. Pengolahan buah menjadi jus menjadi solusi untuk memudahkan pencernaan bagi para lansia. Keluarga yang memiliki lansia memiliki kewajiban untuk menjaga menu yang disajikan setiap hari.

Ni Wayan Srini, salah satu ibu rumah tangga asal Desa Tri Dharma Yoga menyebut kelor jadi salah satu jenis sayuran alternatif. Daun bahan sayuran segar itu bisa dimanfaatkan untuk campuran membuat pindang ikan patin dan sayur bening. Proses mengolah sayuran dengan campuran bahan lain jadi cara menyajikan menu yang menarik dan lezat.

“Kreatifitas ibu rumah tangga dalam mengolah makanan sehat, lezat, segar akan meningkatkan nilai manfaat sayuran,” cetusnya.

Daun kelor atau Moringa oleifera menurut Ni Wayan Srini berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Fungsi lain menurunkan kadar gula darah, mengatasi peradangan, mengontrol tekanan darah dan menghambat sel kanker.

Manfaat sayuran segar diakui oleh Ardy Yanto dan Jupri warga Bakauheni. Jenis sayuran lenca dan keningkir sebut Ardy Yanto bermanfaat untuk mencegah kanker. Sayuran segar itu bisa dimanfaatkan sebagai tambahan menu makanan yang disajikan sebagai lalapan.

“Selain disajikan mentah untuk lalap sayuran jenis keningkir dan lenca bisa dikukus lalu disantap dengan sambal,”ujar Ardy Yanto.

Penyiapan bahan makanan sehat jenis sayuran juga dilakukan Wiyono warga Desa Kelaten Kecamatan Penengahan. Ia memilih menanam sawi, kangkung dan bayam untuk kebutuhan sayuran bagi keluarga. Penyiapan sayuran sehat dilakukan olehnya dengan meminimalisir penggunaan pupuk kimia dan pestisida. Cara tersebut dilakukan untuk menjaga gizi pada sayuran.

Lihat juga...