Selandia Baru Beli 1,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Ilustrasi -Ant

SYDNEY – Pemerintah Selandia Baru menandatangani perjanjian untuk membeli sebanyak 1,5 juta dosis vaksin Covid-19 dari Pfizer dan BioNTech, Senin, dengan pengiriman yang mungkin akan dilakukan pada triwulan pertama 2021.

Pemerintah tidak mengungkapkan rincian keuangan dalam perjanjian pembelian vaksin Covid-19 pertama Selandia Baru yang akan mencukupi kebutuhan 750.000 orang itu.

Pejabat pemerintahan menyebut, bahwa mereka tengah melanjutkan pembicaraan dengan perusahaan pengembang vaksin lainnya untuk memesan lebih banyak dosis vaksin virus Corona, mengingat populasi negara itu berjumlah sekitar lima juta jiwa.

“Perjanjian lainnya akan menjamin, bahwa setelah portofolio lengkap, kita akan mempunyai cukup vaksin Covid-19 untuk seluruh populasi,” kata Menteri Penelitian, Megan Woods, dalam sebuah pernyataan.

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer, perusahaan farmasi Amerika Serikat, bersama dengan BioNTech, yang berasal dari Jerman, menjadi salah satu kandidat vaksin yang bersaing untuk mendapatkan persetujuan regulasi di Amerika Serikat dan Eropa.

Wabah di Selandia Baru merupakan salah satu yang berhasil dikendalikan. Jumlah infeksi di negara itu hanya sekitar 1.500 kasus, dengan 25 kematian–relatif sangat sedikit dibanding banyak negara di dunia, serta jumlah kasus global yang kini mencapai 37 juta.

Ketika wabah mulai menyebar ke seluruh dunia, Selandia Baru mengambil langkah lockdown, penutupan wilayah, secara nasional hingga mengalami nihil kasus baru selama tiga bulan. Namun, kasus baru sempat muncul kembali di Auckland pada Agustus–dan kini juga telah dapat dikendalikan. (Ant)

Lihat juga...