Seluruh Pekerja di Kawasan Industri Batam Dites Usap

Sejumlah pekerja melalui spanduk sosialisasi pencegahan COVID-19, saat hendak pulang dari bekerja, Kamis (1/10/2020) – Foto Ant

BATAM – Seluruh pekerja yang berada di Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepulauan Riau, akan menjalani tes usap PCR COVID-19. Hal itu dilakukan, demi mengetahui kondisi kesehatan, sekaligus upaya memutus mata rantai penularan virus Corona di lingkungan pekerjaan.

“Rencananya tidak ada yang lolos. Semuanya dites,” kata Ketua Himpunan HKI Kepulauan Riau, Oka Simatupang, usai rapat bersama Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, Kamis (1/10/2020).

HKI menyepakati saran dari Dinas Kesehatan Kota Batam, untuk langsung menggelar tes usap kepada pekerja. Bukan tes cepat atau rapid, demi mengetahui mendapatkan hasil yang lebih akurat. Pihaknya tidak ingin mengambil risiko, karena banyaknya pekerja yang terpapar. Sehingga langkah yang diambil adalah antisipatif, dan harus segera dilakukan.

Mengenai biaya untuk tes usap di kalangan pekerja di 14 kawasan industri anggota HKI, ia mengatakan tidak akan mengandalkan pemerintah saja. “Pemerintah belum menyatakan akan biayai. Maka kami inisiatif dibiayai dulu oleh perusahaan. Kami akan duduk lagi supaya bisa dibiayai perusahaan,” tandasnya.

Meski begitu, dalam pelaksanaan tes usap HKI tetap akan meminta bimbingan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas setempat. Kendati demikian menurutnya, swab di kalangan pekerja kawasan industri sudah dimulai oleh sejumlah perusahaan, dan akan terus dilakukan “Swab massal sudah mulai, sudah dua-tiga perusahaan yang mulai,” ungkapnya.

Pelaksanaan tes usap dilakukan bergantian, menyesuaikan dengan waktu kerja. Sementara itu, hingga 29 September 2020, tercatat sudah 317 orang pekerja di kawasan industri yang berlokasi di Kelurahan Muka Kuning Kota Batam terpapar Virus Corona. Mereka bekerja di 17 perusahaan di lokasi tersebut. (Ant)

Lihat juga...