Sergino Dest Resmi Merumput di Barcelona

Sergino Dest (kedua kanan), saat bermain untuk Ajax Amsterdam – Foto Ant

JAKARTA – Barcelona telah resmi menyelesaikan transfer bek kanan asal Amerika Serikat (AS), Sergino Dest, dari Ajax pada Kamis (1/10/2020). Hal itu diungkapkan klub Katalunya tersebut di situs resmi mereka.

Pemain berusia 19 tahun tersebut, menjadi pemain asal AS pertama yang direkrut Barcelona. Dia dikontrak selama lima tahun. Ajax sendiri menerima 21 juta euro (sekitar Rp366 miliar), serta potensi tambahan 5 juta euro atau sekitar Rp87 miliar, dari transfer tersebut.

Barcelona menetapkan klausul rilis sang pemain hingga 400 juta euro (sekitar Rp6,98 triliun). Dest telah memilih untuk menggunakan nomor punggung 2 di klub barunya tersebut. Nomor yang di musim lalu dikenakan Nelson Semedo, sebelum pindah ke klub Inggris Wolves.

Blaugrana harus bersaing dengan Bayern Munchen, untuk mendapatkan jasa Dest. Tercatat juara Eropa itu sudah dua kali melakukan perjalanan ke Amsterdam, demi melakukan pembicaraan meski tidak membuahkan hasil. Sejumlah narasumber mengatakan, pelatih Barcelona Ronald Koeman, adalah sosok kunci dalam kesuksesan klubnya mengamankan talenta muda tersebut. Saat Koeman masih melatih timnas Belanda, ia mencoba membujuk Dest untuk membela tim Oranje, tetapi sang pemain lebih memilih bermain untuk Amerika Serikat.

Dest bergabung ke Camp Nou, setelah menghabiskan hampir satu dekade bersama Ajax, sejak ia menembus tim utama dari akademi klub. Ia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Ajax pada Desember 2018, dan melakukan debut tim utama pada Agustus 2019. Setelah hanya satu musim di tim utama Ajax, Dest bergabung dengan Barcelona, di mana ia akan bersaing dengan Sergi Roberto untuk memperebutkan posisi bek kanan. (Ant)

Lihat juga...