Siswa MAN 2 Pekanbaru Raih Medali Emas KSN 2020

Ilustrasi [px]

RIAU – Pelajar MAN 2 Pekanbaru, Raihan Perdana Setyawan, meraih medali emas pada cabang ekonomi di ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2020, yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Alhamdulillah, lagi-lagi madrasah Riau khususnya MAN 2 Pekanbaru meraih kejuaraan pada ajang bergengsi tingkat nasional, yaitu KSN yang digelar secara online (daring),” kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin, dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu (18/10/2020).

Ia mengharapkan, prestasi yang telah diukir pelajar tersebut membawa berkah, dan menjadi motivasi bagi yang lain untuk berprestasi pada masa yang akan datang. “Madrasah hebat bermartabat, siswa MAN 2 Pekanbaru kembali mengukir prestasi di tingkat nasional dengan meraih empat medali, satu medali emas, dua perak, dan satu perunggu,” katanya.

Kepala Kanwil Kemenag Riau, Dr Mahyuddin – foto Ant

Medali perak diraih, Muhammad Naufal Athaullah, di cabang astronomi. Sementara Muhammad Dhafi Saniy, meraih medali perak di cabang fisika. Medali perunggu diraih, Virginia Putri Annisa, di cabang kebumian.

Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Riau, Asmuni mengatakan, pemenang KSN jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) telah resmi diumumkan Pusat Prestasi Nasional pada Malam Apresiasi dan Pengumuman Pemenang KSN jenjang SMA, Jumat (16/10/2020).  Dari 10 provinsi dengan perolehan medali terbanyak di ajang KSN SMA 2020, Riau berada pada urutan keenam, setelah Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. “Alhamdulillah MAN 2 Pekanbaru meraih empat kejuaraan dan dari MAN IC Siak satu kejuaraan, dan sampai saat ini kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari madrasah lain, karena pengumuman berdasarkan cabang dan jenjang pendidikan,” tandasnya.

Ia mengharapkan dukungan dan doa, agar delegasi MAN 2 Pekanbaru bisa melaju ke olimpiade internasional. “Selamat kepada MAN 2 Pekanbaru dan MAN IC Siak, semoga bisa lebih baik. Apalagi peraih medali emas KSN akan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade tingkat internasional,” katanya.


Perolehan medali oleh siswa perwakilan MAN Kota Pekanbaru pada KSN 2020, untuk medali emas oleh Raihan Perdana Setyawan, cabang ekonomi (MAN 2 Pekanbaru), perak Muhammad Naufal Athaullah, cabang astronomi (MAN 2 Pekanbaru) dan Muhammad Dhafi Saniy, cabang fisika (MAN 2 Pekanbaru), serta perunggu Virginia Putri Annisa, cabang kebumian (MAN 2 Pekanbaru), serta Velisia (MAN IC Siak).

Sebanyak10 provinsi dengan perolehan medali terbanyak di ajang KSN SMA 2020 adalah Jawa Timur (juara umum), DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Lampung, D.I. Yogyakarta. (Ant)

Lihat juga...