Siswa SDN Panembangan Mulai PTM dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANYUMAS — Siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Selasa (20/10/2020) mulai melakukan pembelajaran tatap muka (PTM). Para siswa datang dengan diantar oleh orang tua masing-masing dan dilarang menggunakan kendaraan umum.

Kepala SD Negeri Panembangan, Poppy Andi Utami di sekolah, Selasa (20/10/2020). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Sesampai di sekolah, kedatangan para siswa ini langsung disambut oleh guru yang kemudian menyampaikan protokol kesehatan yang harus diikuti oleh para siswa. Guru juga memeriksa kelengkapan protokol kesehatan siswa seperti masker dan face shield yang wajib digunakan.

Kepala SD Negeri Panembangan, Poppy Andi Utami mengatakan, untuk hari pertama PTM ini yang masuk sekolah adalah siswa kelas 5 dan 6. Tiap kelas hanya diisi separuh dari jumlah siswa dan pembelajaran dilakukan tanpa meja, siswa hanya disediakan satu kursi untuk duduk saja.

“Kita minimalkan kontak dengan benda-benda termasuk antarsiswa, sehingga tidak ada meja. Sebelum masuk kelas, siswa juga dicek suhu tubuhnya dan harus mencuci tangan terlebih dahulu,” jelasnya.

Untuk menjaga kebersihan kelas, para siswa juga harus melepas sepatu dan menggantinya dengan sandal yang sudah disiapkan pihak sekolah. Dalam satu kelas, maksimal hanya berisi 10 siswa.

Selain memastikan siswa sudah menerapkan protokol kesehatan, pihak sekolah juga menempatkan guru khusus untuk memantau siswa selama proses belajar tatap muka. Guru tersebut bertugas untuk mengingatkan siswa jika ada yang lupa menjaga jarak ataupun mengabaikan protokol kesehatan lainnya.

“Jadi selain guru di depan kelas yang mengajar, kita juga tempatkan guru khusus untuk memantau penerapan protokol kesehatan siswa selama belajar di kelas,” terangnya.

Salah satu siswa SD Negeri Panembangan, Muksin mengatakan, ia sangat senang bisa masuk sekolah lagi, sebab sudah terlalu lama melakukan pembelajaran daring dari rumah. Ia juga senang bisa bertemu dengan teman-temannya, meskipun harus tetap menjaga jarak.

“Senang bisa sekolah lagi, sudah bosan belajar di rumah dan kalau belajar langsung di sekolah, lebih jelas dalam menangkap materi pelajaran,” ujarnya.

SD Negeri Panembangan ini terpilih sebagai salah satu sekolah yang melakukan uji coba pembelajaran tatap muka pertama di Kabupaten Banyumas untuk jenjang sekolah dasar. Sekolah ini dianggap paling siap dalam penerapan protokol kesehatan serta tahun 2018, sekolah ini juga menyabet juara pertama lomba sekolah sehat tingkat propinsi Jawa Tengah. Sebelum dimulainya PTM, para guru di sekolah tersebut juga sudah melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.

Pada hari pertama uji coba PTM di Kabupaten Banyumas ini, dilakukan pada tiga sekolah yaitu SD Negeri Panembangan, SMP Negeri 6 Purwokerto dan SMA Negeri 3 Purwokerto.

Lihat juga...