Southampton Pungkasi Kisah Indah Everton di Awal Musim

Ekspresi kiper Everton, Jordan Pickford (kanan), sementara pemain sayap Southampton, Nathan Redmond (kiri), merayakan gol rekannya James Ward-Prowse dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Minggu (25/10/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Southampton, memungkasi kisah awal musim yang indah bagi Everton, setelah menundukkan tamunya itu dengan skor 2-0, dalam laga pekan keenam Liga Inggris di Stadion St. Mary’s, Minggu (25/10/2020).

Hasil itu membuat catatan nirkalah Everton di awal musim ini berakhir sudah. Kendati demikian, tim besutan Carlo Ancelotti itu masih duduk di puncak klasemen sementara dengan koleksi 13 poin. Raihan itu kemarin disamai oleh Liverpool, tetapi Everton masih punya keunggulan selisih gol surplus lima, dibandingkan surplus satu yang dimiliki rival sekotanya. Sedangkan bagi Southampton, hasil itu membuat mereka melompat naik ke peringkat kelima klasemen sementara, dengan koleksi 10 poin.

Pasukan Ralph Hasenhuettl menunaikan ambisi sang pelatih, ketika memasuki pertandingan dengan inisiatif menyerang lebih tinggi. Tetapi, Everton hampir mencuri keunggulan, jika saja tembakan melengkung Gylfi Sigurdsson tak ditolak oleh mistar gawang pada menit ke-19.

Keberuntungan itu dibayar lunas oleh Southampton dengan kerja keras untuk membuka keunggulan pada menit ke-27. Yaitu, saat Danny Ings mengirim umpan terobosan yang diselesaikan James Ward-Prowse dengan sepakan cantik ke area tiang jauh tak terjangkau kiper Jordan Pickford.

Keunggulan Southampton itu digandakan delapan menit kemudian, ketika Sigurdsson, gagal menyapu umpan silang Ings. Dan bola jatuh ke hadapan Che Adams untuk dilesakkan dengan sepakan kaki kanannya. Gol itu membuat Ings pertama kalinya dalam 117 penampilan di Liga Inggris dan bisa mengemas dua assist dalam satu pertandingan.

Ancelotti berusaha mengatasi ketertinggalan dengan memasukkan Bernard menggantikan Alex Iwobi pada awal babak kedua. Tetapi tak ada perubahan berarti bagi penampilan Everton. Ings sendiri berpeluang untuk turut mencetak gol pada menit ke-62, tetapi ia kurang cepat menjangkau umpan tarik Stuart Armstrong, kendati gawang Everton sudah ditinggalkan oleh Pickford.

Situasi bagi Everton kian berat sejak menit ke-72, ketika Lucas Digne diganjar kartu merah langsung oleh wasit Kevin Friend, karena jegalan berbahaya terhadap Kyle Walker-Peters dari arah belakang. Dua kartu merah dalam dua laga beruntun, setelah Richarlison juga menerimanya di Derby Merseyside kontra Liverpool. Itu sekaligus menjadi kartu merah ke-98 yang diterima Everton di Liga Inggris, dan merupakan hukuman terbanyak di antara semua tim sepanjang era Liga Premier.

Ketika peluit tanda laga usai berbunyi, Everton menelan kekalahan pertamanya musim ini. Dan Dominic Calvert-Lewin gagal menyamai rekor penyerang tajam Manchester City, Sergio Aguero, yakni selalu mencetak gol dalam enam pertandingan pertama sebuah musim Liga Inggris. Kedua tim sama-sama memainkan laga pekan ketujuh mereka pada Minggu (1/11/2020). Southampton bertandang ke markas Aston Villa, dan Everton bertamu ke St. James’ Park menghadapi Newcastle United. (Ant)

Lihat juga...