Statistik F1 Menjelang Grand Prix Portugal

Ilustrasi balapan Formula 1 Grand Prix Eifel, Sirkuit Nurburgring, Jerman, Minggu (11/10/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Sirkuit Algarve di Portimao, Portugal akan menjadi tuan rumah balapan ke-12 Formula 1 tahun ini, akhir pekan nanti. Secara statistik, jarak satu putaran di sirkuti tersebut adalah 4,684km, dengan jarak total balapan 308,9km atau sebanyak 66 lap.

Belum pernah ada Grand Prix atau balapan sebelumnya di sirkuit tersebut. Formula 1 terakhir kali menyambangi Portugal di Sirkuit Estoril, yang berada di dekat Lisbon pada 1996. Sirkuit Algarve dibuka pada 2008. Balapan pada Minggu (25/10/2020) nanti, akan menjadi Grand Prix Portugal ke-17 dalam sejarah kejuaraan dunia.

Pemenang terakhir balapan di Portugal adalah pebalap Kanada, Jacques Villeneuve, yang membalap untuk Williams. Tim yang memenangi lima dari enam balapan terakhir di Portugal. Portimao adalah sirkuit keempat di Portugal, yang menjadi tuan rumah Grand Prix setelah Porto (Boavista), Lisbon (Monsanto), dan Estoril.

Hanya dua pebalap Portugal yang pernah mencetak poin di Formula 1, yaitu Tiago Monteiro dan Pedro Lamy, Sedangkan di tahun ini, tidak ada pebalap dari Portugal di grid F1. Sementara itu, Mercedes diprediksi bisa meraih gelar konstruktor ketujuh kalinya secara beruntun pada Minggu (25/10/2020), namun untuk melakukan itu, mereka harus memenangi balapan tersebut dan menjaga jarak 40 poin dari Red Bull.

Tim pabrikan Jerman itu saat ini unggul 180 poin, dengan lima balapan tersisa, setelah Portugal yang menawarkan total 220 poin hingga akhir musim. Juara dunia enam kali, Lewis Hamilton, mengantongi 91 trofi kemenangan Grand Prix dari 261 start balapan. Posisinya sudah menyamai rekor Michael Schumacher, berkat capaiannya di Nurburgring, Jerman, dua pekan lalu.

Sebastian Vettel di peringkat ketiga, dalam hal jumlah kemenangan yaitu dengan 53 kemenangan. Hamilton telah memenangi tujuh dari 11 balapan yang telah digelar musim ini dan Mercedes kalah hanya dua kali sejauh ini. Rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas, telah menang dua kali. Pebalap Red Bull, Max Verstappen, dan Pierre Gasly, dari tim AlphaTauri masing-masing satu kali. Ferrari telah memenangi 238 balapan sejak 1950. Sementara McLaren menang 182 kali , Williams 114 kali , Mercedes 111 kali dan Red Bull 63 kali.

Tim mantan juara dunia McLaren dan Williams belum pernah menang balapan lagi sejak 2012. Dalam hal posisi start terdepan, Hamilton memegang rekor dengan 96 pole position selama karirnya. Sedangkan Mercedes selalu start terdepan di setiap balapan musim ini. Hamilton juga pemegang rekor podium terbanyak dengan 160 kali. Saat ini pebalap Britania itu memimpin klasemen dengan jarak 69 poin dari Bottas. Sementara dari 10 tim kompetitor, hanya Williams yang belum mencetak poin tahun ini. (Ant)

Lihat juga...