Sup Sayur, Alternatif Makanan Hangat di Musim Hujan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Ketika musim hujan melanda Indonesia, pilihan makanan berkuah dan hangat yang dimasak sendiri bisa dijadikan alternatif masakan para ibu. Selain lebih sehat karena menggunakan bahan segar, juga bisa dipastikan penggunaan bumbu pun mendukung kesehatan pecinta kuliner.

Chef Reyhan Dira, menyebutkan, pilihan memasak meningkat saat masa pandemi seperti saat ini. Selain bisa mengurangi stres karena harus ada di rumah dalam waktu panjang, juga bisa membantu pasokan makanan sehat bagi seluruh anggota keluarga.

Chef Reyhan Dira saat talk show kuliner online, belum lama ini – Foto: Ranny Supusepa

“Pilihan makanan ringan, bahannya bahan lokal dan memasaknya tidak membutuhkan keahlian khusus adalah sup sayur sehat. Kenapa sehat, karena kita menggunakan bahan dan bumbu segar serta tidak menggunakan micin dalam memasaknya. Waktu memasaknya juga tidak lama,” kata Chef Dira saat talk show kuliner, Sabtu (17/10/2020).

Sebelum memasak, Chef Dira menyatakan bahwa sayuran sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu baru dipotong. Untuk menghindari berkurangnya zat gizi saat dilakukan pencucian.

“Pertama, kita siapkan dahulu kaldunya, bisa dari daging sapi atau daging ayam atau lebih bagus lagi kalau menggunakan tulang. Tapi kalau tidak ada, boleh menggunakan kaldu instan tapi pilih yang tidak mengandung MSG,” ucapnya.

Pilihan isian sayur bisa dipilih wortel, buncis, brokoli dan kentang. Selain pertimbangan variasi vitamin juga tampilannya akan lebih bagus karena ada variasi warna.

“Wortel dan kentang kita masukkan bersamaan. Lalu baru dimasukkan buncisnya. Kalau baksonya sudah dimasukkan dan terlihat sudah matang, baru brokolinya dimasukkan. Karena brokoli tidak boleh dimasak terlalu lama,” ucapnya lagi.

Sebagai variasi, sup sayur sehat ini bisa ditambahkan bakso ayam yang dimasukkan secara langsung atau dijadikan makanan sampingan, yaitu bakso goreng.

“Untuk baksonya, pertama blender enam siung bawang putih yang sudah dipeprek dan dicacah untuk memastikan bawang putih tercampur rata, lalu masukkan segenggam parsley yang sudah dicacah untuk menambah tekstur baksonya. Baru dimasukkan daging ayam yang sudah dicuci dengan air mengalir dan dipotong kasar. Penambahan minyak sayur bisa dilakukan untuk mengurangi lengketnya ayam,” urai Chef Dira seraya memasukkan bahan ke dalam food processor.

Daging ayam yang sudah diblender, dibentuk bulat-bulat lalu masukkan jamur yang sudah ditumis dengan minyak yang sedikit dan keju mozarella yang dipotong kotak-kotak sebagai isian.

Pilihan keju mozzarella ini bisa diganti keju quickmelt. Atau jika memang tidak menyukai keju, para pecinta kuliner juga tidak perlu menambahkannya.

“Bola bakso ini bisa langsung dimasukkan ke sup sayur sehat yang sedang kita rebus tadi. Untuk bakso yang digoreng, perlu diingat saat membulatkan bakso, ukurannya harus sama. Sehingga saat digoreng, matangnya bisa rata. Dan usahakan minyaknya jangan terlalu banyak. Sebaiknya, kuali yang menggoreng saja yang digoyang atau menggunakan spatula untuk memastikan matangnya merata,” ucapnya lagi.

Chef Dira menambahkan, dalam memasak sebaiknya sebagai perasa digunakan campuran gula dan garam saja. Hindari pemakaian micin atau MSG. Kalaupun mau, gunakan sedikit saja.

“Kalau saya pribadi, saya tidak suka terlalu asin. Sehingga penggunaan garam pun sangat sedikit,” ujarnya.

Pilihan sup sayur sehat ini, menurutnya, bisa dijadikan alternatif camilan saat malam.

“Daripada masak mie instan saat malam, lebih baik membuat sup sayur seperti ini. Sehat sudah pasti. Dan variasi bahan bakunya juga lengkap. Ada sayur, ada karbohidrat dari kentang, dan kita bisa pastikan masakan tidak mengandung micin serta jumlah garam yang terlalu banyak,” pungkasnya.

Lihat juga...