Taman Harmoni Surabaya dari TPA Sampah jadi Kawasan Indah

SURABAYA  – Duta Besar (Dubes) dari Meksiko untuk Indonesia, Armando Gonzalo Alvarez, menyebut Taman Harmoni yang terletak di Jalan Keputih Kota Surabaya, Jawa Timur, sudah sesuai dengan konsep smart city atau kota pintar.

Armando Gonzalo di Surabaya, Selasa, mengatakan pihaknya bersama para peserta Peringatan Hari Habitat Dunia atau World Habitat Day 2020 telah melihat langsung Taman Harmoni pada Senin (5/10).

“Saya rasa Taman Harmoni adalah proyek yang sangat bagus untuk lingkungan dan ekologi,” kata Armando.

Menurut dia, hal itu dikarenakan Taman Harmoni yang sebelumnya merupakan kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah kemudian telah diubah menjadi destinasi yang indah.

Jika dilihat dari perspektif smart city, lanjut dia, konsep seperti inilah yang memang dibutuhkan yakni berawal dari sesuatu yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang bernilai. Selain itu, ia menyebut taman ini bukanlah sekadar taman biasa melainkan taman yang sangat indah.

Selain itu, lanjut dia, juga bagus untuk lingkungan karena dapat mengubah lokasi yang dahulunya merupakan TPA sampah menjadi taman yang indah.

Tidak hanya itu, kata dia, pembangunan taman ini merupakan bentuk nyata atas keberhasilan Pemkot Surabaya dalam menambah ekonomi. Bahkan selain berdampak ekonomi, pengembangan lingkungan yang baik juga menjadi tolok ukur pertumbuhan kota yang baik, sehingga dari situlah berdampak pula kepada masyarakat.

“Tidak kalah menariknya bagaimana pemerintah kita dapat menggabungkan beberapa hal menjadi nilai yang menarik. Ketika taman ini berguna bagi banyak orang tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Oleh sebab itu, ia tak henti-hentinya mengapresiasi pembangunan taman yang mengusung tema penuh bunga ini. Bahkan, langkahnya sempat terhenti ketika ia melihat indahnya pohon bambu yang berjejer rapi. Ia pun mengajak seluruh delegasi untuk mengabadikan momen bersama itu. (Ant)

Lihat juga...