Tanggul Jebol di Pondok Benda, Perbaikan Secara Darurat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Tanggul jebol di Kampung Pondok Benda, RT06/05, Kelurahan Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, diperbaiki secara bertahap dengan sistem darurat menggunakan geobag atau karung berisi pasir.

Saat ini baru mulai perbaikan lokasi untuk menempatkan karung berisi pasir. Terlihat alat berat sudah di lokasi dan dikerjakan oleh Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi dan Balai Besar Wilayah Sungai Cisadene Ciliwung (BBWSCC).

Jebolnya tanggul Kali Bekasi, diketahui akibat hujan deras yang terjadi selama beberapa hari di wilayah Kota Bekasi. Bahkan tanggul jebol juga terjadi di wilayah Pondok Gede Permai (PGP) dan penanganannya sama menggunakan geobag.

“Penanganan tanggul yang jebol atau roboh sekarang dilakukan oleh BBWSCC dengan menggunakan geobag atau karung berisi pasir dan alat berat. Ini untuk penanganan darurat saja,” kata Zainal Abidin, Kabid SDA DBMSDA Kota Bekasi saat ditemui Cendana News di lokasi tanggul jebol Kampung Pondok Benda, Jumat (30/10/2020).

Zainal Abidin, Kabid SDA DBMSDA Kota Bekasi saat ditemui Cendana News di lokasi tanggul Jebol di Kampung Pondok Benda, Jumat (30/10/2020). Foto: Muhammad Amin

Dikatakan, penanganan secara darurat karena untuk tanggul Kali Bekasi. Dilakukan secara permanen oleh BBWSCC. Perbaikan darurat imbuhnya juga dilakukan di tanggul sekitar PGP.

Perbaikan secara darurat di hari pertama sudah ada sekitar seratus karung dan akan terus ditambah. Prosesnya dilaksanakan secara bertahap hingga seminggu ke depan.

“Hari ini sudah mendatangkan 100 karung pasir untuk penanganan darurat. Kalau kurang nambah lagi. Target pemasangan seminggu selesai,” tandasnya.

Menurutnya, geobag memiliki kekuatan cukup untuk penanganan darurat. Diusahakan ketinggian akan sama dengan tanggul yang jebol. Posisi kantong atau selubung panjang yang diisi dengan pasir adalah metode alternatif untuk batuan pada proteksi pantai, bibir sungai atau lereng batu yang rentan terhadap erosi.

Ketua RW 05, Kelurahan Jatirasa, Nur Kamal, mengatakan, bahwa alat berat mulai diturunkan sejak pagi tadi dan langsung melakukan pembenahan di lokasi tanggul yang jebol. Pengerjaannya pun cepat, mulai besok karung berisi pasir segera dipasang di lokasi tanggul.

“Alhamdulillah tanggapannya cepat, langsung diperbaiki. Meski penanganan dilakukan darurat atau belum permanen, tapi katanya tahan dan fungsinya sama dengan tanggul,” ucap Nur Kamal.

Diketahui, sebelumnya tanggul di Pondok Benda jebol dengan panjang 50 meteran pada Kamis dini hari. Kompleks sekitarnya sebelumnya dilanda banjir kiriman hingga satu meteran, masuk ke pemukiman warga.

Lihat juga...