Target Partisipasi Pemilih di Pilkada Bangka Tengah 77,8 Persen

Logo Pilkada serentak 2020 - ANTARA

KOBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan partisipasi pemilih di Pilkada 2020 sebesar 77,8 persen.

“Kendati tengah dilanda pandemi virus corona, namun kami optimistis partisipasi pemilih tetap tinggi dan kami menargetkan partisipasi sebesar 77,8 persen,” kata Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi, Kamis (29/10/2020).

Menurutnya, berbagai upaya sudah dilakukan, dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih. Di antaranya menyosialisasikan tentang kepemiluan kepada masyarakat. “Edukasi politik juga dilakukan kepada pemilih pemula, karena jumlah hak pilih dari kalangan pemilih milenial ini juga cukup tinggi mencapai sekitar 10 persen,” ujarnya.

Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi – Foto Ant

KPU juga meminta partisipasi kepada peserta Pilkada 2020, baik partai politik maupun calon, untuk membantu KPU dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih. “Pada pemilihan anggota legislatif 2019, partisipasi pemilih mencapai 88 persen. Melihat angka partisipasi tersebut, tentu kami yakin bisa mencapai angka 77,8 persen pada Pilkada 2020,” ujarnya.

Pilkada Kabupaten Bangka Tengah diikuti dua pasangan calon, Algafry Rahman-Herry Erfian yang diusung tujuh partai politik, Golkar, NasDem, Gerindra, PPP, PAN, PKS dan PKB. Sementara pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo diusung dua partai politik yaitu PDIP dan Partai Demokrat. (Ant)

Lihat juga...