Tiga Kecamatan di Kebumen Masuk Zona Merah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

KEBUMEN – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen masih tinggi dan ada tiga kecamatan yang saat ini termasuk kategori zona merah, karena banyaknya kasus positif serta pasien yang meninggal dunia.

Tiga kecamatan yang termasuk zona merah tersebut yaitu Kecamatan Kebumen, Alian dan Kecamatan Pejagoan. Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kebumen, untuk Kecamatan Kebumen total ada 399 kasus positif Covid-19 dan yang masih menjalani perawatan saat ini ada 110 orang, untuk korban meninggal dunia ada 12 orang.

Sedangkan di Kecamatan Alian, total kasus positif ada 117 orang, yang masih menjalani perawatan ada 79 orang dan meninggal dunia 3 orang. Terakhir di Kecamatan Pejagoan total kasus 28 positif Covid-19, meninggal 2 orang dan yang masih dalam perawatan ada 15 orang.

Koordinator Humas Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto mengatakan, selain zona merah, ada juga kecamatan di Kebumen yang sudah masuk zona hijau, yaitu Kecamatan Adimulyo, Poncowarno, Padureso dan Sadang.

“Pada empat kecamatan yang termasuk zona hijau ini, angka positif Covid-19 sedikit dan tidak ada korban meninggal dunia, bahkan untuk Kecamatan Sadang, saat ini sudah zero Covid-19, karena hanya ada satu warga yang terkonfirmasi positif dan sudah dinyatakan sembuh,” jelas Cokro, Minggu (11/10/2020).

Untuk tiga kecamatan lainnya yang termasuk zona hijau, tingkat kesembuhan pasien juga tinggi. Di Kecamatan Adimulyo dari total 9 kasus positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh ada 8 orang, sehingga yang masih menjalani perawatan tinggal 1 orang.

Kecamatan Padureso jumlah kasus positif 4 orang, yang sembuh 1 dan dirawat 3 orang, sedangkan di Kecamatan Poncowarno ada 4 kasus positif, yang sembuh 2 orang dan yang masih dirawat 2 orang.

Lebih lanjut Cokro Aminoto menjelaskan, penambahan pasien positif Covid-19 di Kebumen masih terus terjadi dan hari ini tercatat ada penambahan hingga 38 orang. Seluruh kasus positif baru tersebut merupakan kontak erat dengan kasus positif Covid-19 sebelumnya.

“Untuk pasien positif yang dinyatakan sembuh hari ini ada 4 orang, namun penambahan positif baru mencapai 38 orang. Sedangkan untuk yang meninggal dunia tidak ada penambahan,” terangnya.

Dengan adanya penambahan 38 kasus positif baru tersebut, maka sampai hari ini angka positif Covid-19 Kabupaten Kebumen sudah mencapai 946 orang. Dengan perincian 305 orang masih menjalani perawatan dan isolasi, 618 orang sudah dinyatakan sembuh dan 23 orang meninggal dunia.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kebumen, Dwi Budi Satrio mengatakan, untuk test Polymerase Chain Reaction (PCR) sudah dilakukan terhadap 6.256 warga Kebumen. Sedangkan untuk rapid test sudah diikuti oleh 36.064 orang.

“Untuk PCR kita fokuskan pada kontak erat serta kecamatan-kecamatan yang masih masuk zona merah,” tuturnya.

Lihat juga...