TNI Angkat Tumpukan Sampah di Kali Blencong Bekasi

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Sampah yang mengendap di aliran Kali Blencong, Desa Setiaasih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, saat ini  dalam proses pengangkatan. Sejauh ini, volume sampah yang terangkat diperkirakan sudah mencapai 50-an truk.

Sampai sekarang, proses pembersihan tumpukan sampah yang menutupi kali tersebut masih dilakukan oleh Satuan Seni Angkatan Darat Densipur III Kodam Jaya, dengan menurunkan dua alat berat. Pembersihan tersebut sekaligus agenda sidementasi kali Blencong dengan bekerja sama dengan BWSCC.

Pantauan Cendana News di lokasi, sampah yang menutupi Kali Blencong baru sekira seratus meter lebih dibersihkan, yang terlihat dari jembatan penyeberangan kompleks Ruko Ariandra. Sisanya ke belakang tepat di pemukiman warga, masih terlihat tumpukan sampah plastik menutupi kali.

Pelda Yatimin, Babinsa Setiaasih, Koramil 02 Tarumajaya, ditemui Cendana News di lokasi Kali Blencong, Rabu (7/10/2020). –Foto: M Amin

“Kemarin memang sempat bersih, tapi sampah keluar lagi saat proses sidementasi untuk penguatan tanggul,” ungkap Pelda Yatimin, Babinsa Setiaasih, Koramil 02 Tarumajaya, kepada Cendana News di lokasi Kali Blencong, Rabu (7/10/2020).

Dikatakan, pengangkatan sampah tersebut, sekaligus melakukan program sidementasi kali Blencong ,yang awalnya akan dilakukan di wilayah Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya. Tapi, oleh pimpinan diminta di Desa Setiaasih lebih dulu karena tumpukan sampah perlu diangkat segera.

Menurutnya, sidementasi Kali Blencong sudah menjadi program Kodam Jaya bekerja sama dengan BWSCC. Artinya, pengangkutan sampah dilakukan, sekaligus melakukan sidementasi pendangkalan kali yang telah menjadi program TNI.

“Program awalnya sebenarnya bukan di sini, berhubung tumpukan sampah sempat viral, jadi diperintahkan agar lebih dulu. Sidementasi sekaligus mengangkat sampah,” tegas Yatimin.

Dikatakan, pengangkatan sampah TNI dibantu armada dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi selama tiga hari. Dia mengatakan, dari hari pertama sampai ke lima sudah ada 50-truk sampah diangkut untuk dibuang ke TPA Burangkeng.

“Kebanyakan sampah yang diangkut adalah sampah rumah tangga, seperti foam, plastik dan lainnya. Dua hari pertama fokus angkut sampah untuk dikeringkan, setelah itu dimuat ke dalam truk menuju TPA Burangekeng,”papar Yatimin.

Pekerjaan sidementasi dan pengangkatan sampah yang menutupi Kali Blencong di Desa Setiaasih, lanjutnya, sudah berjalan lima hari. Target pelaksanaan dilakukan selama 26 hari.

Kali Blencong di desa Setiaasih, Tarumajaya Kabupaten Bekasi, oleh warga setempat biasa disebut Kali Item. Tumpukan sampah sudah terjadi sejak pertengahan September lalu, dan baru dibersihkan sekarang oleh TNI AD dari Kodam Jaya.

“Setelah ini selesai, sidementasi dilanjutkan di desa Pahlawan Setia, tapi di sana bukan tumpukan sampah plastik, tapi Enceng gondok,” papar Yatimin.

Lihat juga...