Usaha Tambal Ban di Padang Terdampak Pandemi Covid-19

Editor: Makmun Hidayat

PADANG — Kondisi ekonomi yang dijalani oleh Yosandra Siregar seorang penambal ban di kawasan GOR Agus Salim Padang, Sumatera Barat, jauh dari kata layak. Pandemi Covid-19 telah membuatnya harus memutar otak agar bisa untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Karena dalam situasi pandemi ini kebutuhan hidup adalah hal utama.

“Hari-hari saya selalu buka usaha tambal bal ini. Dengan harapan ada rezeki untuk makan hari demi hari. Tapi memang sulit dalam situasi Covid-19,” katanya, Selasa (27/10/2020).

Yosandra menceritakan memang sulit menjalani usaha di tengah pandemi, karena aktivitas kendaraan pun sepi, sehingga tidak begitu ada orang yang datang ke lapaknya yang membutuhkan jasa tambal ban.

“Nah karena sulit seperti ini, saya melakukan usaha membuat variasi plat kendaraan dan kunci duplikat. Ini adalah cara saya supaya tetap ada pemasukan,” jelasnya.

Menurut nya ketika menjalani usaha tambal ban itu pendapatan usahanya jarang sampai Rp50.000 per harinya. Dengan artinya rata-rata per hari itu hanya Rp15.000 saja.

Jumlah pendapatan itu hanya dua ban yang ditambal. Kondisi itu dirasakan selama pandemi. Sementara sebelum pandemi pendapatannya lebih dari Rp50.000 per harinya.

“Saya tentunya tidak mendoakan pula supaya ban kendaraan bocor dan datang ke tempat saya. Tapi karena ini mata pencarian saya, bila ada yang datang ke saya bantu,” jelasnya.

Kini dengan dimulainya usaha plat kendaraan dan kunci duplikat, ada sedikit membantu. Dalam perhitungan Yosandra ada sekitar tambahan penghasilan per bulannya itu Rp300.000. Meski sedikit, tapi dia tetap senang tidak kekurangan untuk biaya makan sehari-hari.

“Saya masih bujangan. Jadi untuk mengisi perut sendiri, rasanya cukup bagi saya,” tegasnya.

Sementara itu salah seorang warga Padang yang pernah menggunakan jasa tambal ban Yosandra mengaku secara kerja dan hasil tambal terbilang bagus dan cepat.

“Kita bila ada ban kendaraan bocor, tentu cari jasa hasil kerjanya bagus dan bekerja nya cepat. Nah ban Ucok atau Yosandra ini kerjanya bagus,” ucapnya.

Lihat juga...