Venlo Sukses Curi Poin di Kandang AZ

Para pemain AZ Alkmaar merayakan gol pada pertandingan melawan Ajax – Foto Dok Ant

JAKARTA – VVV Venlo, sukses mencuri satu poin dari kandang AZ Alkmaar, setelah memaksa hasil imbang 2-2, berkat dua gol yang dicetak pada menit-menit akhir. Pertandingan kedua tim merupakan laga pekan keempat Liga Belanda, yang berlangsung di Stadion AFAS, Sabtu (17/10/2020) waktu setempat.

AZ memegang keunggulan dua gol, lewat Jesper Karlsson dan Calvin Stengs sejak menit ke-24. Namun, memasuki menit ke-41 tuan rumah harus bermain dengan 10 orang, setelah Jonas Svensson diganjar kartu merah.

Meski unggul jumlah pemain, VVV baru bisa memperkecil ketertinggalan saat memasuki menit ke-86 melalui Evert Linthorst. Dan dua menit berselang, Giakoumakis memaksa kedudukan kembali imbang 2-2. Hasil ini membuat kandidat juara Eredivisie musim lalu tertahan pada posisi 11 dengan empat poin, sedangkan VVV Venlo naik ke posisi sembilan dengan lima poin.

Pada awal laga, AZ langsung menggebrak pertahanan tim tamu. Hasilnya, Jesper Karlsson membuat gol cepat, saat waktu baru memasuki menit ke-2. Sepakan indah melengkung dari sisi kiri, mengelabui kiper VVV Delano van Crooij, yang menyangka bola akan keluar.

Seusai gol itu, AZ terus mengepung pertahanan VVV. Dan pada menit ke-24, Calvin Stengs menggandakan keunggulan, berkat sepakan keras di dalam kotak penalti yang membuat kiper hanya termenung. Keunggulan 2-0 harus dibayar mahal, ketika AZ harus bermain dengan 10 orang.

Jonas Svensson melakukan pelanggaran keras terhadap Josua John, yang langsung diganjar kartu merah. Meski unggul jumlah pemain, VVV harus menunggu hingga menit ke-86 untuk bisa mencetak gol. Sundulan Evert Linthorst, memaksimalkan umpan silang Vito van Crooij, mampu menggetarkan jala gawang Hobie Verhulst. Hanya butuh waktu dua menit bagi VVV untuk membuat imbang 2-2, berkat tendangan penalti Georgios Giakoumakis, setelah pemain tersebut dijegal Martins Indi di dalam kotak penalti.

Dalam laga lainnya, antara dua tim medioker Heracles Almelo dan RKC Waalwijk, tim tamu Waalwijk meraih tiga poin pertamanya setelah menyudahi laga 1-0 di Stadion Erve Asito. Satu-satunya gol Waalwijk dibukukan Said Bakari pada menit ke-26, sekaligus mengakhiri kekalahan beruntun pada tiga laga pertamanya. Waalwijk kini menempati 15 poin setelah mengemas tiga poin, sedangkan Heracles turun ke posisi 13 dengan empat poin. (Ant)

Lihat juga...