Wapres Ma’ruf Amin: Potensi Wakaf Tunai Sangat Besar 

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres), KH. Ma’ruf Amin mengatakan, potensi wakaf tunai sangat besar dalam mendorong pembangunan nasional, utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Potensi pengumpulan dana sosial melalui wakaf bisa optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ma’ruf, pada peringatan Hari Santri Nasional 2020 secara virtual, di Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Namun Ma’ruf menyayangkan, belum banyak masyarakat yang menyadari wakaf tunai ini adalah dana abadi umat yang besar. Bahkan, dalam ajaran Islam, disebutkan pahala dana wakaf ini tidak akan pernah habis.

“Wakaf ini lah yang sebenarnya dalam Islam disebut sebagai pahalanya yang tidak pernah habis, sodatun jariyah, menjadi dana abadi umat,” ujar KH.Ma’ruf Amin yang juga menjabat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dia menyebut bahwa tingkat literasi masyarakat terhadap wakaf saat ini masih rendah, di bawah literasi masyarakat tentang zakat.

Tercatat dari survei, yakni literasi tentang wakaf dalam kategori rendah dengan indeks 50,48 dibanding indeks literasi tentang zakat yang sudah masuk dalam kategori sedang yaitu 66,78 persen.

Menurutnya, selama ini masyarakat memahami wakaf hanya sebatas wakaf tanah. Padahal, wakaf sebenarnya tidak harus berupa benda tidak bergerak seperti tanah, tapi bisa juga berupa uang dan surat berharga.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang wakaf, menurutnya, dalam waktu dekat pemerintah akan meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Tunai (GNWT).

Melalui  gerakan ini, Ma’ruf berharap potensi pengumpulan dana sosial melalui wakaf bisa optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gerakan ini akan melibatkan muslim, mulai dari petinggi negara hingga masyarakat. Dengan jumlah penduduk muslim yang ada, diyakini potensi wakaf tunai akan sangat besar.

“Potensi dana sosial melalui wakaf ini sangat besar, pemerintah berupaya untuk menggerakkan potensi ini dengan Gerakan Nasional Wakaf Tunai,” pungkasnya.

Lihat juga...