Warga Depok Kreasikan Pangsit Jadi ‘Frozen Food’

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Produk olahan kreasi pelaku usaha mikro kecil menengah (UKM) terus menjamur dengan tampilan dan rasa kekinian. Ide membuat sebuah produk, pun menjadi sesuatu yang harus dipikirkan agar bisa diterima pasar.

Dadan Hamdani, pelaku UKM di Depok, mengkreasikan pangsit rebus dan goreng yang telah diolah atau matang dengan dua varian, isi ayam dan ikan tenggiri.

“Ini produk baru, atau pengembangan dari produk sebelumnya mie ayam Wareg yang dijual secara online atau pun reseller. Pangsit dibuat higienis tanpa bahan pengawet,” ujar Dadan Hamdani di Bekasi, kepada Cendana News, Selasa (20/10/2020).

Pangsit yang telah diolah tersebut, cocok  dijadikan sebagai sajian utama atau pelengkap saat bersantap. Tetapi, lebih sering pangsit dibuat pangsit goreng atau dioseng dengan tambahan sayuran, dan bisa dinikmati bersama kwetiau, mie instan, bakwan malang, batagor dan lainnya.

Dadan mengemas pangsit buatannya dengan isi per bungkus 10 buah, dengan berat kurang lebih 300 gram. Ia memasarkannya melalui aplikasi WhatsApp, dan pengiriman biasa menggunakan ojek online atau jasa pengiriman lainnya.

Ia mengaku pesanan datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek, dan banyak teman-teman dari UMKM lainnya ikut memasarkannya secara online. Tidak hanya untuk konsumsi pribadi, namun ada juga pesanan dari toko-toko frozen, hotel, bahkan rumah makan berkelas.

“Ini saja lagi antar pesanan ke Bekasi, di sini banyak yang pesan untuk penambah pilihan menu. Harganya pun terjangkau,” katanya mengaku sengaja mengontak Cendana News, agar dibantu dalam pemasaran dan mengenalkan produk barunya.

Kang Dadan, sapaan akrabnya, mengaku percaya diri dengan pangsit yang ditawarkan, karena pangsit ini berbeda dari pangsit umumnya, baik dari sisi rasa atau lainnya.

Pangsit buatannya memiliki bahan dasar mulai kulit pangsit, isian sampai pengemasan dikerjakan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas. Diakuinya, pangsit buatannya bisa dikatakan frozen food.

“Pangsit ini meskipun tanpa bahan pengawet, tapi bisa bertahan satu bulan, tapi harus disimpan di freezer,” ucapnya.

Lihat juga...