Warga Villa Nusa Indah Berjibaku Membersihkan Lumpur Sisa Banjir

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BOGOR — Banjir akibat luapan Sungai Cileungsi menyisakan endapan lumpur dan aneka material sampah di Villa Nusa Indah, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/10/2020).

Ketua KP2C Puarman, memberi penjelasan terkait suasana banjir lingkungan di desa Bojongkulur dengan mengatakan 22 RW terdampak, Minggu (25/10/2020). Foto: Muhammad Amin

Warga terdampak terlihat masih berjibaku membersih rumahnya dari endapan lumpur, secara bergotongroyong. Sementara jalanan komplek masih dipenuhi lumpur yang dibersihkan dengan cara manual oleh warga dan sukarelawan.

Bahkan terpantau Polisi menurunkan kendaraan watercanon membantu membersihkan dendapan lumpur di ruas jalan utama komplek villa Nusa Indah. Warga yang sebelumnya bertahan di pengungsian sebagian sudah kembali untuk membersihkan rumahnya.

Terpantau juga relawan dari berbagai organisasi turun untuk membantu membersihkan lingkungan di komplek Villa Nusa Indah yang beberapa RW masih tergenang air mencapai 20-30 centimeter.

“Dari 22 RW yang terdampak masih ada 6 RW masih ada genangan air 20-30 centimeter. Sekarang menjadi persoalan adalah sisa lumpur yang menggenangi lingkungan harus ditangani segera,” kata Puarman Ketua KP2C ditemui Cendana New, kantor Desa Bojongkulur, Minggu (25/10/2020).

Diakuinya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bogor terus berdatangan seperti sepuluh kendaraan truk sampah, mobil damkar, truk penyedot tinja digunakan untuk menyedot lumpur dan bantuan lainnya.

Pantauan di lokasi terlihat terparah di Villa Nusa Indah 2 blok V5 dan Blok S RW 22 tepatnya di kluster Galdiol dan jalan raya di perbatasan antara Kota Bekasi dengan Kabupaten Bogor.

Diketahui luapan terjadi akibat hujan deras di Gunung Pancar dan sekitarnya menyebabkan Tinggi Muka Air (TMA) di Sungai Cileungsi naik menjadi 600 cm berdampak pada sungai meluap menggenangi perumahan sekitar bantaran sungai setinggi 170 cm

Laporan KP2C luapan tersebut menggenangi lingkungan di 22 RW 5.500 KK 22.000 jiwa dan 150 jiwa sudah dievakuasi. Warga ditampung dipengungsian di 19 Masjid dan Musholla, serta Sekolah Akbid Bunda Auni, Sekolah Daerah Salam, Sekolah Bunda.

Wilayah terdampak meliputi Perum Villa Nusa Indah 1, Villa Nusa Indah 2 dan Perumahan Bumi Mutiara Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Air mulai menggenangi wilayah setempat sejak pukul 23:30 WIB malam tadi.

Sedangkan korban mengungsi 1.100 jiwa. Namun demikian sampai saat ini dilaporkan belum ada korban jiwa.

Lihat juga...