Warung Damandiri Samiran Optimis Omzet Meningkat, Meski Pandemi

Editor: Koko Triarko

BOYOLALI – Meski masih terdampak pandemi Covid-19, Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran selaku pengelola unit usaha Warung Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari Samiran, Selo Boyolali, Jawa Tengah, mengaku optimis bisa meningkatkan omzet usaha pada tahun ini. 

Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan melakukan berbagai upaya, baik penambahan inventaris warung untuk mendukung kegiatan usaha baru, hingga menggelar event rutin mingguan maupun bulanan untuk bisa menarik lebih banyak pengunjung.

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana, mengatakan salah satu jenis usaha baru yang akan dirintis adalah menyewakan lokasi untuk menggelar berbagai kegiatan, seperti acara pertemuan keluarga, ulang tahun, reuni hingga hajatan pernikahan. Pengembangan usaha ini sebenarnya sudah mulai dilakukan pada awal Maret lalu, namun harus terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Tahun ini, kita berencana menambah peralatan warung seperti meja dan kursi prasmanan. Peralatan ini diperlukan, karena kita belum memilikinya. Padahal, untuk bisa menggelar acara kegiatan, kita memerlukan peralatan tersebut. Sehingga bisa menekan biaya sewa,” katanya.

Hal lain yang juga akan dilakukan Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran adalah penambahan Smart Aplikasi untuk kasir, guna memudahkan proses inventarisir dan transaksi, penambahan barang dagangan untuk melengkapi barang yang sudah ada, hingga penambahan acara live musik setiap satu bulan sekali, sehingga bisa menarik minat pengunjung.

“Kita juga berencana menambah satu SDM, yakni kepala warung, agar dapat lebih fokus dalam mengurusi unit usaha Warung Damandiri. Selain itu, kita juga berencana menambah jam buka warung hingga malam hari. Sehingga diharapkan akan bisa mendongkrak jumlah pengunjung harian. Termasuk penambahan menu yang lebih menarik,” katanya.

Warung Cafe Damandiri menjadi salah satu unit usaha yang mampu menjadi penyumbang terbesar pemasukan Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera sepanjang 2019. Unit usaha Warung Cafe Damandiri mampu mendapatkan penghasilan hingga mencapai Rp222 juta, dengan kontribusi sebesar Rp33 juta untuk disetor ke koperasi.

Tak hanya itu, keberadaan Unit Usaha Warung Cafe Damandiri selama ini juga telah mampu menjadi salah satu alternatif destinasi kuliner baru di kawasan wisata lereng Gunung Merapi-Merbabu di kecamatan Selo, yang tidak hanya menjual aneka jenis menu makanan. Namun, juga view atau pemandangan serta suasana alam pegunungan, sehingga banyak ditiru oleh pelaku usaha kuliner lainnya di kawasan ini.

Lihat juga...