Wujudkan Ketahanan Pangan, Ubah Lahan Tidur jadi Kawasan Produktif

TANGERANG  – Pemerintah Kota Tangerang, Banten, mengubah lahan tidur yang berada di Kampung Baru, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, menjadi lahan tanaman produktif dan tanaman hias.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, di Tangerang, Banten, Minggu mengatakan, di tengah masa pandemi yang melanda, pemkot terus berupaya memberikan solusi untuk warga agar tetap produktif, salah satunya melalui Program Ketahanan Pangan.

“Kalau sudah siap lahannya kita tanam sampai tumbuh, forum kelompok wanita tani (FKWT) dari warga sini yang merawat, nanti diajarkan cara berkebun,” ucapnya.

Arief juga mengatakan lahan tersebut selain ditanami tanaman produktif dan tanaman hias juga dijadikan sebagai tempat rekreasi seperti tempat bermain anak, jalur sepeda dan lainnya.

“Ada taman bermain buat anak-anak, kita siapkan tempatnya. Ada track sepeda juga, kita buatkan gundukan tanah versi mini,” terang Arief.

Sebelumnya, Pemkot Tangerang telah membuat lahan kosong menjadi lahan produktif untuk warga, lahan tersebut adalah Ecofarm Mekarsari yang berlokasi di Ecopark, Kecamatan Neglasari.

“Kita sudah ada contohnya di ecopark namanya Ecofarm, sudah panen dan dibagikan ke warga hasilnya. Kalau yang Kampung Baru ini lahannya lebih luas, nanti lebih banyak ragam tanamannya,” pungkasnya.

Dinas Ketahanan Pangan yang mendistribusikan pembagian bibit pohon adalah bagian program penyebaran 380 ribu bibit ketahanan pangan ke warga Kota Tangerang yang terdampak COVID-19.

Kepala DKP Kota Tangerang, Abduh Surahman, mengatakan, hampir semua kecamatan sudah masuk tahap pembagian dan disampaikan kepada warga terdampak. (Ant)

Lihat juga...