Xi Jinping Akan Sampaikan Pidato Ultah ke-40 Zona Ekonomi Khusus Cina

Presiden China Xi Jinping memberikan suaranya mengenai peraturan keamanan nasional untuk Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong pada penutupan sesi Kongres Rakyat Nasional (NPC) di Balai Agung Rakyat di Beijing, China, Kamis (28/5/2020).-Ant/Reuters

SHENZEN – Presiden Cina, Xi Jinping, akan menyampaikan pidato di Shenzhen pada Rabu, untuk menandai peringatan pembentukan zona ekonomi khusus pertama di kota selatan China pada 40 tahun lalu.

Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, kemudian mengatakan dia akan menunda pidato kebijakan tahunannya yang dijadwalkan pada Rabu dan — sebagai gantinya — pergi ke Shenzhen, meskipun dia mengatakan tidak ada pertemuan terjadwal dengan Xi.

Lam mengatakan, dia akan pergi ke Beijing akhir bulan ini dan berniat untuk menunda penyampaian pidato kebijakannya hingga akhir November.

Pada Minggu, pemerintah pusat Cina mengumumkan langkah-langkah untuk memberi Shenzhen kendali yang lebih besar atas penggunaan lahan, yang dimaksudkan untuk mendorong investasi asing di sektor teknologi, sekaligus mengurangi birokrasi dalam energi dan telekomunikasi.

Partai Komunis Cina menyebut, Shenzhen sebagai simbol gemerlap kemunculan Cina sebagai kekuatan ekonomi global. Kota Shenzhen merupakan salah satu landasan uji coba untuk reformasi yang memacu pertumbuhan pesat Cina selama empat dekade terakhir.

Kantor berinta Xinhua tidak memberikan rincian mengenai isi pidato Xi, tetapi kemungkinan akan menyentuh soal integrasi lebih lanjut dari Greater Bay Area, yakni wilayah yang mencakup Hong Kong, Makau, dan sembilan kota di provinsi Guangdong China, termasuk kota Shenzhen. (Ant)

Lihat juga...