Aceh Barat Miliki Potensi Perikanan Terbesar di Sumatra

Nelayan, ilustrasi -Dok: CDN

MEULABOH – Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, siap menjadi pusat pengembangan komoditas perikanan terbesar dan modern di Sumatra, yakni di ujung wilayah barat Indonesia.

“Aceh Barat memiliki potensi untuk pengembangan sektor perikanan terbesar di Sumatra. Dan, ini sudah kita sampaikan ke pusat dengan harapan bisa segera diwujudkan, ” kata Bupati Ramli MS, saat dihubungi dari Meulaboh, Selasa (3/11/2020).

Bupati menyampaikan, dirinya telah bertemu dengan Menteri Kelautan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo di Jakarta. Saat bertemu menteri, ia juga turut menyerahkan sejumlah rencana pengembangan industri perikanan di pantai barat Aceh.

Di antaranya pengembangan tambak udang rakyat, pembangunan gudang penyimpanan ikan segar (cold storage), perencanaan pengembangan hutan mangrove di wilayah pesisir Provinsi Aceh.

Ramli MS juga turut menyerahkan rencana pembangunan pasar ikan modern di Meulaboh, Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat. Ia juga menegaskan, pertemuannya dengan Menteri KKP tersebut merupakan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Aceh, khususnya di kawasan pesisir.

Selain itu, upaya tersebut sekaligus mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal ini sekaligus mewujudkan ketahanan pangan di bidang perikanan, dan menjadikan Aceh Barat sebagai kawasan industri perikanan modern dan ramah lingkungan, demikian H M Ramli MS. (Ant)

Lihat juga...