Adventure Trail Alternatif Olahraga Pemacu Adrenalin, Diminati

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Atasi kebosanan selama masa pandemi Covid-19 alternatif olahraga adventure trail kembali diminati. Motor trail yang kerap digunakan untuk melintasi medan sulit jadi moda transportasi sekaligus sarana olahraga.

Jumadi, salah satu penghobi trail menyebut olahraga tersebut akan semakin menyenangkan jika dilakukan dalam komunitas. Sebagai pemilik motor trail modifikasi dengan astrea grand, ia merombak bagian ban dan sasis.

Memiliki komunitas Trail Adventure Bakauheni (Trabak) memudahkannya dalam proses modifikasi. Olahraga trail sebutnya melahirkan kreativitas bagi pemilik motor yang akan turun dalam ajang latihan maupun pertandingan. Selain jenis adventure ia kerap mengikuti grasstrack untuk adu kecepatan.

Berbeda dengan grasstrack yang memiliki rute pendek dan mengandalkan waktu, adventure trail lebih diminatinya. Memiliki pekerjaan di salah satu perusahaan pelayaran membuat aktivitasnya padat. Namun adventure trail memakai motor modifikasi bisa memberinya kesempatan menikmati suasana alam. Jalur atau track menantang memacu adrenalin sekaligus kekuatan fisik.

“Selain ketahanan fisik motor trail yang dimililiki dibutuhkan stamina tubuh kuat agar bisa bertahan hingga sampai pada titik yang telah ditentukan, pada adventure trail kerap dilakukan dalam tim dan bukan waktu yang jadi tujuan melainkan kerja sama tim hingga bisa sampai pada garis finish,” terang Jumadi saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (13/11/2020).

Motor trail modifikasi dari grand astrea digunakan oleh Jumadi, salah satu pecinta adventure trail di Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (13/11/2020). -Foto Henk Widi

Lintasan yang dipilih untuk kegiatan adventure trail meliputi jalur jalan aspal jalan tanah, jalan berbatu, sungai dan pantai. Setiap jalur untuk perlintasan kerap disiapkan pos untuk istirahat dan memperbaiki kerusakan kendaraan. Setiap pecinta olahraga trail sebutnya kerap memiliki kemampuan untuk memperbaiki kendaraan. Namun sebagian memiliki mekanik khusus.

Selama masa pandemi Covid-19 Jumadi menyebut aktivitas kerap dibatasi. Namun aktivitas olahraga motor trail justru jadi pilihan dan kembali diminati. Berada di alam bebas dengan udara yang masih segar sekaligus menjadi terapi untuk mendapatkan oksigen lebih banyak. Memacu adrenalin dengan medan menanjak,curam bahkan kerap cedera atau terluka jadi hal biasa.

“Olahraga motor trail sangat membantu dalam mengatur emosi, melatih kesabaran sekaligus sikap optimisme,” cetusnya.

Rute atau jalur yang dipilih sebutnya kerap bukan jalan umum yang dilalui masyarakat. Cara tersebut meminimalisir pertemuan dengan orang banyak sekaligus jaga jarak. Jalur yang kerap dilintasi berupa perbukitan, perkebunan milik petani,sungai dan pantai sekaligus jadi sarana rekreasi. Olahraga yang melatih ketahanan fisik tersebut yang sempat vacum kembali jadi pilihan komunitasnya.

Daniel, pecinta olahraga trail menyebut jenis adventure trail kembali diminati. Ia menyebut di wilayah Lampung klub motor trail cukup banyak. Klub tersebut diantaranya Trail Adventure Bakauheni, Morat Marit Trail, Abal Abal Pugung Raharjo, Komunitas Motor Sragi, Antis Piabung Trail,Komunitas Trail Sekincau dan tim trail lainnya. Sebagai anggota komunitas trail ia menyebut olahraga tersebut hanya sebagai alternatif.

“Saya sejatinya menyukai olahraga bu tangkis namun sesekali melakukan olahraga trail untuk melatih fisik,” bebernya.

Aktivitas olahraga di alam bebas sebutnya berdampak positif untuk menjaga kesehatan fisik. Pada sejumlah kegiatan yang diperlombakan ia menyebut adventure trail kerap mempertandingkan sejumlah kategori. Kategori kekompakan tim hingga sampai garis finish dan undian jadi tujuan. Hadiah menarik mulai motor hingga mobil kerap jadi hadiah menarik.

Dikenal sebagai olahraga mahal ia menyebut menyiasatinya dengan melalukan modifikasi. Selain sebagai olahraga yang melatih fisik ia menggunakan kesempatan untuk silaturahmi. Kerja sama tim sekaligus meningkatkan solidaritas serta kekompakan jadi keungggulan olahraga minat khusus tersebut. Selain sebagai kegiatan rekreasi sebagian jadi jalan menuju prestasi.

Lihat juga...