AKUSIKKA Optimalkan Promosi Produk melalui Katalog

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Sikka atau  AKUSIKKA bekerjasama dengan Kantor Bea Cukai Maumere membuat katalog produk anggota AKUSIKKA.

Pembuatan katalog produk ini dilakukan agar produk anggota AKUSIKKA bisa lebih dikenal khalayak ramai dan dibeli bukan saja oleh konsumen di NTT tetapi di luar NTT, bahkan dari luar negeri.

“Kita berharap dengan adanya katalog ini maka bisa memperkenalkan produk UMKM dan Ekraf Kabupaten Sikka,” sebut Wakil Ketua Asosiasi UMKM dan Ekraf Sikka (AKUSIKKA), Sherly Irawati, saat ditemui Cendana News di tempat usahanya, Selasa (17/11/2020).

Wakil Ketua Asosiasi UMKM dan Ekraf Sikka (AKUSIKKA), Sherly Irawati saat ditemui di tempat usahanya, Selasa (17/11/2020). Foto: Ebed de Rosary

Sherly menyebutkan, selama ini banyak produk UMKM dan Ekraf yang tidak memiliki katalog produk sehingga dengan pembuatan katalog ini diharapkan bisa mempromosikan lebih luas produk UMKM dan Ekraf Sikka.

Ia menjelaskan, selama ini setiap pelaku UMKM dan Ekraf Sikka hanya memasarkan produk mereka lewat media sosial dan internet, bahkan banyak yang tidak memiliki gerai dan tempat penjualan produk.

“Kita harapkan dengan adanya pembuatan katalog produk ini maka pelaku UMKM dan Ekraf Sikka bisa berbenah dalam hal kemasan produk dan kualitas, karena produknya sudah dipromosikan secara luas,” ucapnya.

Sherly juga berterima kasih atas kerjasama AKUSIKKA dan Kantor Bea Cukai Maumere sebelumnya juga telah diadakan workshop dan edukasi mengenai tata cara ekspor produk.

Dia mengakui, beberapa di antara mereka telah menjual produk ke berbagai wilayah di Indonesia maupun di luar negeri melalui penjualan lapak-lapak online terkenal.

“Produk UMKM dan Ekraf di Kabupaten Sikka ada yang sudah bagus, baik dari segi kemasan dan kualitas produk. Kita selalu meningkatkan kapasitas pelaku usaha agar produk yang dihasilkan bisa diterima pasar,” ucapnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Maumere, Tommy Hutomo, menyatakan, untuk meningkatkan ekspor pihaknya secara aktif melakukan edukasi dan pendampingan terhadap pelaku UMKM dan Ekraf di wilayah kantor cabang yang meliputi 8 kabupaten di Pulau Flores dan Kabupaten Lembata.

Tommy menegaskan, pihaknya berharap dengan berbagai kegiatan yang dilakukan bisa mendorong dan memunculkan eksportir-eksportir baru.

Lihat juga...