Alami Hipotermia, Tim SAR Evakuasi Pendaki Gunung Bawakaraeng

MAKASSAR – Seorang pendaki gunung bernama Marten (20) mengalami hipotermia atau penurunan suhu tubuh di bawah normal di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin.

“Saat ini Marten sudah dievakuasi pihak Basarnas Makassar bersama dengan Tim SAR gabungan,” kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, Muh Rizal di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, pihaknya mendapat informasi terkait salah seorang dari 10 orang pendaki yang mengalami hipotermia dari anggota Polsek Tinggimoncong, pada Senin (9/11) 2020 dini hari.

Menurut dia, informasi yang diterima menyebutkan bahwa satu orang dari 10 pendaki mengalami hipotermia di pos 7 Gunung Bawakaraeng.

“Dari informasi yang kami terima, korban yang mengalami hipotermia itu sudah mulai merasa tidak enak badan saat perjalanan naik menuju ke pos 9. Namun, dia tetap memaksakan diri sampai ke pos 10 sebelum tengah malam,” katanya.

Melihat kondisi rekannya yang semakin memburuk, lanjut dia, akhirnya tujuh orang lainnya turun ke menuju pos 5 untuk mencari jaringan telepon seluler untuk mencari bantuan pertolongan dengan menghubungi Polsek Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Menurut dia korban hipotermia sudah dievakuasi menuju ke puskesmas terdekat untuk dilakukan perawatan lebih lanjut, karena kondisinya masih lemah.

Adapun data para pendaki yang bersama korban di Gunung Bawakaraeng adalah Eliza (23 tahun), Hadi (24), Asrul (23), Bahrun (23), Arif (23), Aldi (23), Sauzan (23), Haidir (23) dan Fikram (23), demikian Muh Rizal. (Ant)

Lihat juga...