Aneka Kue Basah Ini Cocok Buat Menu Sarapan

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Aneka kue basah merupakan salah satu menu sarapan paling banyak digemari masyarakat, apalagi jika disantap dengan teh atau kopi, sambil membaca buku maupun jenis bacaan lainnya, kebayang kan nikmatnya mengawali hari?

Nah bagi Anda warga sekitar Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, bisa berburu aneka kue basah di Gerobak Kue Mba Lastri yang terletak di Jalan Kemuning. Ada banyak menu kue basah di sana, mulai dari kue sus, kue lupis, kue lumpur, donat, risol, lontong, dan sebagainya.

Lastri, pemilik gerobak kue mengatakan, semua jenis kue yang dijualnya itu dibikin sejak malam hingga dini hari, sehingga saat dijual di pagi harinya, kue masih dalam keadaan baik dan lezat.

“Jadi kue-kue ini bukan cuma saya yang bikin, ada rekanan saya juga yang bikin, nitip jual di sini biar makin banyak pilihannya. Semua kue kita olah sejak malam, dijamin masih enak walaupun dimakan besoknya,” ujar Lastri, Sabtu (28/11/2020).

Lastri (mengenakan masker hitam kerudung abu-abu) saat sedang melayani pembeli, Sabtu (28/11/2020) di Jalan Kemuning, Pejaten Timur, Jakarta Selatan, Sabtu (28/11/2020). -Foto: Amar Faizal Haidar

Lebih lanjut, Lastri bersyukur karena dagangannya selalu ramai pembeli. Bahkan, saat akhir pekan, dagangannya bisa lebih cepat habis terjual.

“Biasanya kita sudah mulai buka jam 05.30 Wib. Tutupnya sih ngga nentu, paling lama jam 10.30 Wib. Tapi kalau hari Sabtu-Minggu, jam 09.00 juga kita udah pulang, karena Alhamdulillah, tiap weekend itu cepat habisnya,” tandas Lastri.

Adapun harga kue sendiri bervariasi, yang paling murah yaitu Rp1.500 seperti martabak telur, bakwan, kue lumpur, tahu goreng. Kemudian ada pula yang harga Rp2.000 seperti lontong, kue lopis, ketan merah dan sejenisnya. Selain kue, Gerobak Mba Lastri juga menjual nasi kuning dan nasi goreng seharga Rp5.000.

Di tempat yang sama, Ibu Rina, salah seorang pembeli, mengaku sudah berlangganan sejak lama di Gerobak Mba Lastri. Bahkan, untuk mengantisipasi kehabisan kue, Ibu Rina kerap menelpon malam harinya, untuk memesan kue.

“Saya udah sekitar 2 tahun langganan. Jadi dia (Lastri) tahu, pesanan saya. Biasanya saya telepon dulu malamnya, besok baru diambil pesanan saya,” terang Ibu Rina.

Menurut Ibu Rina, kue paling nikmat di Gerobak Mba Lastri adalah kue lupis. Menurutnya, cairan gula merah kue lupis Mba Lastri sangat pas dilidah, karena tidak terlalu manis, tapi tetap terasa cita rasanya.

“Makanya kalau saya beli di sini, pasti ada kue lupisnya. Mungkin kue lupis Mba Lastri ini yang paling enak yang pernah saya makan. Dan rasanya itu konsisten,” cerita Ibu Rina.

Lihat juga...